Kamis 04 Apr 2024 06:46 WIB

Film The Iron Claw Soroti Kehidupan 'Dinasti' Pegulat Sukses Von Erich

Kisah keluarga Von Erich juga sarat pengetahuan dan menginspirasi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Adegan di film The Iron Claw. Film ini mengisahkan tentang keluarga pegulat profesional Von Erich.
Foto: Dok. A24
Adegan di film The Iron Claw. Film ini mengisahkan tentang keluarga pegulat profesional Von Erich.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi penggemar film biografi olahraga, rumah produksi A24 menghadirkan sinema The Iron Claw yang mengangkat cerita tentang gulat. Berlatar pada tahun 1980-an, film ini mengisahkan tentang keluarga pegulat profesional Von Erich.

Disutradarai dan ditulis oleh Sean Durkin, cerita dalam film The Iron Claw mengisahkan tentang kehidupan Fritz Von Erich beserta tiga putranya. Mereka dikenal sebagai dinasti pegulat yang sukses meraih banyak kemenangan di tahun 1960-an.

Baca Juga

Sang ayah, Fritz Von Erich (Holt McCallany), adalah pegulat senior yang berhasil meraih kejuaran dunia sebanyak tiga kali dan memegang gelar National Wrestling Alliance (NWA) United States Champion sebanyak 20 kali. Untuk mengalahkan lawan, dia punya teknik andalan "Iron Claw". 

Fritz berusaha melatih anak-anaknya untuk menjadi pegulat profesional, yaitu Kevin (Zac Efron), Kerry (Jeremy Allen White), David (Harris Dickinson), dan Mike (Stanley Simons). Keinginannya untuk membuat keluarganya menjadi nomor satu membuat Fritz terlalu memaksa anak-anaknya. 

Hal itu membuat hubungan ayah dan anak di antara mereka menjadi renggang.Tak hanya permasalahan keluarga disfungsional, di balik kesuksesan Von Erich di arena pertarungan, keluarga itu dirumorkan terkena "kutukan", sebab lima dari enam anak Fritz meninggal mendadak dan mendahului Fritz. 

Terlepas dari tragedi itu, kisah keluarga Von Erich juga sarat pengetahuan dan menginspirasi, menjadi tontonan menarik bagi penyuka genre biografi olahraga. Film telah tayang di bioskop Amerika pada 23 Desember 2023, dan kini telah tayang secara resmi di layanan streaming Klikfilm mulai 1 April 2024.

The Iron Claw menjadi film panjang ketiga sutradara Sean Durkin setelah Martha Marcy May Marlene (2011) dan The Nest (2020). Sinema ini diproduksi oleh BBC Film dan A24 dengan budget 20,4 juta dolar AS (setara dengan Rp 325,07 miliar).

The Iron Claw turut dibintangi Maura Tierney dan Lily James, juga dua pegulat profesional yaitu Maxwell Jacob Friedman dan Ryan Nemeth. Chavo Guerrero terlibat sebagai konsultan gulat di lokasi syuting supaya aksi gulat di film ini terlihat akurat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement