Kamis 04 Apr 2024 04:01 WIB

Metode Sederhana Ini Dapat Halau Mabuk Perjalanan dalam Hitungan Menit

Mabuk perjalanan dapat mengganggu pengalaman bepergian.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah mobil pemudik antre untuk naik kapal di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Sabtu (30/4/2022). ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang-Gilimanuk menambah jumlah kapal yang beroperasi di jalur penyeberangan Pelabuhan Gilimanuk Bali-Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dari sebelumnya rata-rata 28 kapal per hari menjadi 32 kapal per hari untuk mengangkut pemudik yang jumlahnya terus meningkat di Pelabuhan Gilimanuk pada puncak arus mudik 29-30 April 2022.
Foto:

3. Hindari Perangkat

Melihat layar atau membaca saat berada di dalam kendaraan yang bergerak dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan. Sebaliknya, fokuskan pandangan pada titik yang jauh seperti cakrawala atau objek stabil untuk membantu menyinkronkan informasi yang diterima oleh mata dan sistem vestibular, sehingga mengurangi konflik sensorik.

4. Napas Dalam-Dalam

Bernapas dalam-dalam dapat mengaktifkan respons relaksasi tubuh dan membantu melawan efek stres dan kecemasan yang dapat memperburuk gejala mabuk perjalanan. Bernapas dalam-dalam dapat membantu mengurangi rasa mual, pusing, dan ketidaknyamanan dengan menimbulkan keadaan tenang.

Untuk kasus yang lebih ekstrem atau jika tidak ada yang berhasil, pengobatan mungkin menjadi pilihan terbaik. Hyoscine hydrobromide adalah salah satu pengobatan yang sering direkomendasikan untuk mabuk perjalanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement