Sabtu 30 Mar 2024 23:28 WIB

Musik Syahdu Dwiki Dharmawan Semarakkan Ramadhan Jazz Festival 2024

Dwiki Dharmawan tampil bersama vokalis Iwan Abdie dan pemain biola Fakhri Violin.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Musisi Dwiki Dharmawan bersama vokalis Iwan Abdie dan pemain biola Fakhri Violin tampil di Ramadhan Jazz Festival (RJF) 2024 hari kedua di Pelataran Masjid Cut Meutia, Jakarta, Sabtu (30/3/2024) petang.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Musisi Dwiki Dharmawan bersama vokalis Iwan Abdie dan pemain biola Fakhri Violin tampil di Ramadhan Jazz Festival (RJF) 2024 hari kedua di Pelataran Masjid Cut Meutia, Jakarta, Sabtu (30/3/2024) petang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertunjukan hari kedua Ramadhan Jazz Festival (RJF) 2024 di Pelataran Masjid Cut Meutia, Jakarta, Sabtu (30/3/2024), berlangsung meriah. Sebagai penampil pembuka, hadir musisi Dwiki Dharmawan bersama vokalis Iwan Abdie dan pemain biola Fakhri Violin.

Tiga musisi tersebut naik panggung RJF 2024 sekitar pukul 21.00 WIB. Kolaborasi mereka menghadirkan penampilan musik yang syahdu, di mana Dwiki memainkan pianonya dengan piawai, sementara Fakhri bermain biola dan Iwan menyanyikan lagu. 

Baca Juga

Lagu pertama dari sesi penampilan mereka adalah "Rindu Kami Padamu". Tembang ciptaan Bimbo itu mengekspresikan kerinduan tidak terperi kepada Rasulullah SAW. "Ramadhan tempat kita mencari, tempat kita menemukan, seberapa dekat kita dengan Sang Pencipta, seberapa dekat kita dengan Rasulullah," ujar Iwan.

Melanjutkan penampilan, Dwiki dan Fakhri membawakan nomor instrumental yang jazzy dan penuh improvisasi tanpa vokal. Keduanya mengawinkan permainan piano dan biola dengan ciamik, menunjukkan keterampilan bermusik yang tidak main-main.

Setelah track itu usai, sorotan kembali ke Iwan, yang menyapa penonton yang sudah memadati area RJF 2024. "Senang sekali bisa bertemu dengan semuanya, semoga di Ramadhan kali ini kita semakin dekat dengan Allah SWT," kata Iwan.

Lantas, mengalun dengan khidmat lagu berbahasa Jawa "Lir Ilir" yang liriknya juga dipadukan dengan "Sholawat Badar". Meski dikenal sebagai lagu tradisional Jawa Tengah, diketahui meluas bahwa tembang "Lir-Ilir" diciptakan oleh Sunan Kalijaga saat menyebarkan agama Islam di tanah Jawa pada awal abad ke-16.

Sebagai tembang penutup, Dwiki, Iwan, dan Fakhri membawakan "Dengan Menyebut Nama Allah" yang membuat seluruh pelataran masjid terhanyut. Lagu yang diciptakan Dwiki dan liriknya ditulis oleh musisi lain itu mengajak siapa pun yang mendengarnya untuk menjalani kehidupan dengan selalu mengingat Allah SWT.

Selain Dwiki Dharmawan ft Iwan Abdie dan Fakhri Violin, RJF 2024 hari kedua juga menampilkan Nadhif Basalamah, The Groove ft Tiara Effendy, dan Marcell Siahaan. RJF sudah berlangsung untuk ke-13 kalinya. Tahun ini, setiap hasil penjualan tiket RJF akan disumbangkan ke saudara-saudara yang membutuhkan di Palestina.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement