Kamis 28 Mar 2024 15:12 WIB

Penanganan Multidisiplin Tingkatkan Harapan Hidup Pasien Kanker

Tim multidisiplin akan merancang penanganan terbaik untuk pasien kanker.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Deteksi dini menjadi kunci untuk mencegah terjadinya kanker payudara. (ilustrasi). Tim multidisiplin merancang penanganan terbaik untuk pasien kanker.
Foto:

Pada lansia, biasanya ada berbagai macam komorbid, mulai dari diabetes, darah tinggi, jatung koroner, gagal ginjal. Semua itu akan menjadi tantangan bagi dokter dalam memilih obat. Terapinya ada bermacam-macam, dokter akan mencari rejimen dan paduan obatnya yang paling aman.

 

"Masalahnya dengan rejimen-rejimen tadi ada efektivitasnya kan. Nah efektivitasnya itu yang harus kita komnunikasikan dengan keluarga, biar pasien dan keluarga mengerti. Jadi mereka bisa menyesuaikan harapannya," jelas dr Alvin.

 

Jika semua sudah dilakukan dan tidak berhasil, maka masuk pada layanan suportif terbaik, termasuk dari aspek psikologi. Dukungan penanganan nyeri juga diberikan kepada pasien agar mereka bisa menjalani hari-hari dengan nyaman.

"Menangani nyeri, karena pasien kanker itu sangat sakit sekali ya, jadi kita atasi komplikasinya, sehingga mereka bisa lebih nyaman untuk menghadapi hari-harinya," ucap dr Alvin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement