Sabtu 23 Mar 2024 14:32 WIB

Fakta-Fakta Kanker Kate Middleton, dari Kapan Hingga Pengobatan

Kanker itu ditemukan setelah Kate melakukan operasi perut besar pada Januari lalu.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Princess of Wales Kate Middleton.
Foto:

Apakah akan mendapatkan perawatan secara pribadi atau di NHS?

Operasi awal Catherine berlangsung di Klinik London, sebuah fasilitas swasta. Istana tidak berkomentar mengenai di mana isteri Pangeran William itu sekarang menerima perawatannya.

Dalam pesan videonya, Catherine hanya mengucapkan terima kasih kepada “tim medis yang luar biasa” yang telah merawatnya.

Apa itu kanker?

Kanker terjadi ketika sel-sel di bagian tubuh tertentu membelah secara tidak terkendali. Jika tidak diobati, sel-sel ini berpotensi menyebar ke jaringan lain di tubuh, termasuk organ, yang dikenal sebagai kanker sekunder atau metastasis.

Berapa banyak orang yang terkena kanker?

Di Inggris, satu dari dua orang mengidap sejenis kanker selama hidup mereka. Ada lebih dari 200 jenis kanker, yang paling umum di Inggris adalah payudara, paru-paru, prostat, dan usus, menurut situs NHS UK.

Setiap kanker didiagnosis dan diobati dengan cara tertentu. Siapa pun dapat terserang kanker, namun risikonya semakin meningkat seiring bertambahnya usia karena semakin banyak waktu terjadinya kerusakan sel.

Kasus kanker terbanyak terjadi pada orang berusia 50 tahun ke atas. Di Inggris, sepertiga dari seluruh kasus terjadi pada orang berusia 75 tahun ke atas. Kelangsungan hidup dari kanker meningkat dua kali lipat dalam 50 tahun terakhir.

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda merasa menderita kanker?

Segera konsultasi jika merasa ada suatu yang tidak norma pada tubuh. Itu mungkin termasuk:

  • Pendarahan atau rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan
  • Benjolan atau pembengkakan yang tidak biasa
  • Kelelahan dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  • Batuk terus-menerus

 

Gejala yang dialami mungkin bukan kanker, namun penting untuk memeriksakan nya. Menemukan kanker sejak dini sering kali dapat mempermudah pengobatannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement