Sabtu 23 Mar 2024 14:32 WIB

Fakta-Fakta Kanker Kate Middleton, dari Kapan Hingga Pengobatan

Kanker itu ditemukan setelah Kate melakukan operasi perut besar pada Januari lalu.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Princess of Wales Kate Middleton.
Foto: EPA-EFE/ANDREW MATTHEWS / POOL
Princess of Wales Kate Middleton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Catherine, Princess of Wales, diketahui sedang menjalani pengobatan untuk kanker. Pengumuman diagnosa kankernya tersebut baru diungkapkan melalui sebuah video, Jumat (22/3/2024). 

Kanker itu ditemukan setelah Kate melakukan operasi perut besar, Januari lalu. Kate memulai kemoterapi pencegahan pada akhir Februari.

Baca Juga

Berikut fakta-fakta tentang kanker Kate sejauh ini, seperti dilansir dari laman BBC, Sabtu (23/3/2024).

Kapan kanker itu ditemukan?

Sang puteri menjalani operasi pada bulan Januari. Istana tidak mengungkapkan rinciannya pada saat itu, tetapi menyatakan prosedur tersebut telah direncanakan. Kala itu kondisi Kate “tidak terkait dengan kanker”. Kemudian terungkap dari video Kate sendiri bahwa tes yang dilakukan setelah operasi menemukan adanya kanker. 

Jenis kanker apa yang diderita sang putri?

Istana Kensington belum menyebutkan jenis kanker apa yang dideritanya. Seorang juru bicara mengatakan istana tidak akan membagikan informasi medis yang bersifat pribadi karena Puterinof Wales juga berhak atas privasi.

Apa itu kemoterapi preventif?

Catherine mengatakan tim medisnya menyarankan dia harus menjalani “kemoterapi preventif” dan masih dalam tahap awal pengobatan ini. Kemoterapi adalah istilah umum untuk pengobatan yang bertujuan membunuh sel kanker. Dalam prosesnya, ini dapat diberikan melalui infus atau dalam bentuk pil.

Prof Andrew Beggs, seorang konsultan ahli bedah kolorektal, mengatakan kemoterapi preventif setelah operasi diberikan untuk mengurangi risiko kambuhnya kanker di masa depan. Berapa banyak seberapa sering itu diperlukan, bisa tergantung pada jenis kanker dan cara pertumbuhannya.

Bagaimana dokter menemukan kanker tersebut?

Setelah operasi pada bulan Januari, yang menurut Istana Kensington berhasil, dokter melakukan tes yang menunjukkan adanya kanker.

Umumnya, jaringan yang diangkat selama operasi akan dikirim ke laboratorium untuk dianalisis dan dilihat sel apa yang ada di sana.

Operasi awal berlangsung....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement