Jumat 22 Mar 2024 21:06 WIB

Apa Bahayanya Jika Ambeien Tingkat 4 tak Segera Diobati?

Komplikasi wasir jarang terjaditapi jika sudah parah bisa menyebabkan anemia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi seseorang mengalami gejala wasir, nyeri di bagian anus saat duduk. Ini akibatnya jika ambeien dibiarkan hingga stadium 4.
Foto:

Komplikasi wasir jarang terjadi, namun jika sudah parah karena didiamkan, ini bisa menyebabkan anemia akibat kehilangan darah yang terus-menerus, wasir tercekik yakni ketika suplai darah ke wasir internal terputus, hingga pembekuan darah.

Cara terbaik untuk mencegah wasir adalah dengan menjaga feses tetap lunak agar mudah dikeluarkan. Agar feses lunak, dianjurkan untuk memakan makanan berserat tinggi, minum banyak air putih sekitar enam sampai delapan gelas sehari, mengonsumsi suplemen serat, dan jangan mengejan,

Jika mengalami pendarahan saat buang air besar atau menderita wasir yang tidak kunjung membaik setelah sepekan menjalani perawatan di rumah, bicarakan dengan dokter.

Jangan berasumsi bahwa pendarahan dubur disebabkan oleh wasir, terutama jika mengalami perubahan kebiasaan buang air besar atau jika tinja berubah warna dan konsistensinya. Pendarahan dubur dapat terjadi karena penyakit lain, termasuk kanker kolorektal dan kanker dubur.

 

Cari perawatan darurat jika mengalami pendarahan dubur dalam jumlah besar, sakit kepala ringan, pusing, atau pingsan. Pembuluh darah di sekitar anus cenderung meregang di bawah tekanan dan mungkin menonjol atau membengkak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement