Jumat 15 Mar 2024 16:09 WIB

Inggris Resmi Larang Peresepan Obat Penghambat Pubertas untuk Anak-Anak

Obat penghambat pubertas biasa diberikan di klinik identitas gender.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Obat (ilustrasi). Obat penghambat pubertas dapat menghentikan perkembangan payudara pada anak perempuan dan menghentikan pertumbuhan rambut pada wajah laki-laki.
Foto:

Konsultan psikiatri sekaligus whistleblower kasus Tavistock, dr David Bell, mengatakan bahwa obat-obatan tersebut menyebabkan kerusakan besar. Semakin banyak orang yang pernah melakukan "transisi" identitas gender menyesali prosedur yang tidak dapat dipulihkan ini.

Pengakuan tersebut juga muncul dari anak-anak yang menjadi pasien di klinik identitas gender Tavistock dalam beberapa bulan terakhir  Kebanyakan mengatakan mereka dibuat terburu-buru mendapatkan obat penghambat pubertas meskipun belum merasa perlu.

Menyusul penutupan Tavistock, dua layanan NHS baru kini akan dibuka pada awal April, berlokasi di Rumah Sakit Great Ormond Street London dan Rumah Sakit Anak Alder Hey Liverpool. NHS mengatakan anak-anak yang datang ke klinik itu akan didukung oleh para ahli klinis di bidang neurodiversitas, pediatri, dan kesehatan mental, sehingga menghasilkan pendekatan perawatan yang holistik.

 

Menyusul pengumuman larangan penghambat pubertas di klinik gender, Menteri Kesehatan Maria Caulfield mengatakan, pihaknya selalu menegaskan bahwa keselamatan dan kesejahteraan anak-anak adalah yang terpenting, jadi ia menyambut baik keputusan penting NHS.

"Mengakhiri resep rutin penghambat pubertas akan membantu memastikan bahwa perawatan didasarkan pada bukti, pendapat ahli klinis, dan demi kepentingan terbaik anak," ujar Caulfield.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement