Jumat 08 Mar 2024 13:13 WIB

Bikin S.Coups 'Seventeen' Terbebas dari Wajib Militer, Cedera ACL Pasti Berujung Operasi?

Cedera ACL merupakan yang paling ditakuti atlet.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
SCoups Seventeen telah menjalani operasi ACL lutut kirinya. Sudah sembuh, SCoups kini bersiap untuk kembali ke panggung.
Foto:

Apakah cedera ACL harus dioperasi? Jika jaringan putus total, menurut dr Yohannes, sebaiknya penderita dioperasi. Sebaliknya, jika kalau robek sedikit, dokter akan mengobservasinya terlebih dahulu setelah fase akut berkurang, ditandai dengan bengkak yang berkurang.

"Langkah berikutnya, coba kembali aktivitas, andaikan pasien tidak terlalu banyak keluhan, ototnya saja dikuatkan, tidak perlu operasi," kata dr Yohannes yang berpraktik di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten itu.

Di samping itu, dokter akan melihat apakah lutut goyang atau tidak. Kalau memang goyang, operasi menjadi solusinya.

"Tapi kalau lutut goyang ya operasi," kata dr Yohannes.

Gejala cedera ACL bisa meliputi nyeri hebat di bagian lutut, lutut sulit digerakkan dan diregangkan, terasa tidak stabil, dan sulit berjalan. Lutut akan membengkak dengan cepat dalam enam jam pasca cedera.

Pergerakan penderita cedera ACL memang bisa terbatas. Pemulihan maksimal cedera olahraga memerlukan penanangan holistik. Diperlukan juga tim multidisiplin untuk mengoptimalkan pemulihan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement