Sabtu 02 Mar 2024 16:05 WIB

S.Coups Seventeen Dibebaskan dari Kewajiban Ikut Wamil, Warganet Berdebat Panas

Warganet membandingkan S.Coups dengan idola K-pop lainnya yang juga pernah cedera.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
SCoups Seventeen terbebas dari wajib militer karena tak lolos pemeriksaan fisik.
Foto: Wikimedia
SCoups Seventeen terbebas dari wajib militer karena tak lolos pemeriksaan fisik.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Penyanyi S.Coups dari grup Seventeen (SVT) mengalami cedera ligamen anterior lutut (ACL) pada Agustus 2023. Robeknya ACL menyebabkannya tak bisa mengikuti aktivitas Seventeen selama beberapa bulan.

S.Coups harus menjalani operasi untuk memperbaiki ligamen lututnya tersebut. Dia jarang terlihat setelah operasi.

Baca Juga

Namun, pada akhir Februari, S.Coups dilaporkan kembali beraktivitas bersama Jeonghan, sehingga mengundang antusiasme dari para penggemar. Pada Desember tahun lalu, Jeonghan menjalani operasi untuk memulihkan cedera pergelangan kaki kirinya.

Pemberitahuan resmi menyatakan bahwa S.Coups dan Jeonghan sudah boleh kembali beraktivitas dengan memperhatikan kemampuan tubuh maisng-masing. Keduanya telah pulih dengan baik berkat perawatan dan istirahat yang cukup, sehingga dinyatakan dapat melanjutkan aktivitas mereka sesuai dengan nasihat medis.

 

Hanya saja, tidak lama setelah itu, muncul pengumuman bahwa S. Coups dinyatakan tidak layak secara fisik untuk menjalani dinas militer. Mendapat nilai 5, dia tak lolos pemeriksaan fisik, sehingga terbebas dari wajib militer.

Keputusan itu menyebabkan beragam reaksi di antara warganet. Beberapa penggemar merasa senang bahwa idola mereka tidak perlu menunda aktivitasnya untuk dinas militer.

Di sisi lain, ada juga warganet yang skeptis. Mereka menganggap bahwa cedera yang dialami S. Coups, tidak cukup serius untuk dikecualikan dari wajib militer.

Beberapa warganet membandingkannya dengan idola lain yang tetap menjalankan tugas wajib mereka meskipun mengalami cedera serupa. Perdebatan pun mencuat, antara pendukung pembebasan S. Coups dan mereka yang mempertanyakan keputusan tersebut.

Beberapa warganet bahkan mengusulkan penghapusan wajib militer untuk semua orang sebagai solusi atas berbagai masalah yang timbul.

"Sebaiknya dia tidak pernah tampil lagi, karena jika Taecyeon 2PM menjalani operasi tulang belakang hanya untuk mengabdi pada negaranya sebagai tentara aktif. Mengapa tidak mendaftar sebagai pekerja sosial? Karena ada orang-orang dengan cedera parah dan masalah kesehatan mental. Carat (sebutan fandom SVT) terlalu berisik ketika pemerintah menginginkan untuk mengecualikan BTS," tulis akun @jintheevocal***, dilansir Koreaboo, Sabtu (2/3/2024).

"Yoongi (Suga BTS) benar-benar menjalani operasi supaya dia bisa mendaftar wajib militer. Jika dia ingin mengelak, dia bisa saja menunda operasinya, tapi kalian tahu sendiri," tulis akun  @afriyie***.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement