Kamis 07 Mar 2024 16:00 WIB

Demi Ginjal Sehat, Ini Alasan Air dari Sumur Bor tak Direkomendasikan untuk Diminum

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal.

Menuangkan air putih ke gelas (Ilustrasi). Ada sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, termasuk memperhatikan kualitas air minum.
Foto:

Menurut dr Rizky, tingkat keasaman atau pH air yang aman bagi ginjal adalah 6,5 sampai 8,5. Dia juga tidak menyarankan minum air dari sumur bor.

Sebab, kondisi tiap tanah berbeda, dan masing-masing memiliki kandungan mineral dan logam yang berbeda. Dikhawatirkan, bagi yang tinggal di daerah laut atau industri, airnya tidak bagus lagi karena mengandung logam, misalnya besi, fosfor, magnesium, atau kalsium, yang berisiko menjadi batu ginjal.

Demi ginjal sehat, dr Rizky juga mengingatkan untuk menjaga kecukupan tidur malam. Ginjal juga butuh istirahat.

"Jadi kalau kita sering kali begadang, main game sampai lupa waktu, itu sebenarnya kebiasaan yang nggak bagus juga karena tubuh kita itu butuh istirahat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dr Rizky menyebutkan bahwa gangguan pada ginjal dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, batu ginjal, infeksi saluran kemih berulang, bahkan anemia. Ketika mengalami gagal ginjal akut, organ masih dapat dikembalikan ke kondisinya yang semula.

Lain halnya dengan gagal ginjal kronis, yakni gangguan yang berlangsung lebih dari tiga bulan. Kondisi itu menandakan bahwa fungsi ginjal untuk melakukan filtrasi darah sudah sangat menurun, dan tidak dapat dikembalikan ke kualitasnya seperti semula.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement