Senin 26 Feb 2024 14:18 WIB

Bromate Berkonsentrasi Tinggi pada Air Mineral Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal

Bromate mengandung karsinogen dan bisa menyebabkan tumor ginjal.

Rep: Rahma Sulistya  / Red: Friska Yolandha
Ilustrasi air mineral. Ini dampaknya jika air mineral memiliki kandungan bromate berlebih.
Foto:

Perkembangan tumor ginjal akibat paparan bromate secara kronis diperkirakan disebabkan oleh kerusakan DNA oksidatif setelah metabolisme bromate dan peroksidasi lipid selanjutnya. Perbedaan spesies dalam induksi tumor sel ginjal berkorelasi dengan tingkat peroksidasi lipid yang berbeda.

Informasi mengenai toksisitas bromate berasal dari keracunan yang disengaja atau tidak disengaja pada manusia dan dari penelitian pada hewan laboratorium.

Beberapa orang yang mengonsumsi bromate dalam jumlah besar mengalami gejala gastrointestinal seperti mual, muntah, diare, dan sakit perut. Beberapa orang yang mengonsumsi bromate konsentrasi tinggi juga mengalami efek ginjal, efek sistem saraf, dan gangguan pendengaran. Namun, orang-orang ini terpapar pada tingkat bromate ribuan kali lipat dari jumlah yang dihasilkan dari air minum pada standarnya.

Paparan bromate dalam jumlah besar dalam jangka waktu lama, menyebabkan efek ginjal pada hewan laboratorium. Paparan bromate tingkat tinggi dalam jangka panjang juga menyebabkan kanker pada tikus. Apakah bromate dapat menyebabkan kanker pada manusia masih belum diketahui. 

Beberapa orang mungkin berisiko lebih besar terkena dampak kesehatan akibat paparan bromate atau memiliki kekhawatiran terhadap kehamilan atau bayi yang menyusui. Karena bromate dapat menyebabkan efek kesehatan pada ginjal, ada kemungkinan bahwa mereka yang memiliki penyakit ginjal sebelumnya memiliki risiko lebih besar.

Informasi mengenai dampak bromate terhadap kesehatan reproduksi masih terbatas, tapi tidak menunjukkan kekhawatiran pada tingkat yang mendekati standar air minum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement