Senin 26 Jun 2023 00:34 WIB

Air Mineral Kemasan Juga Perlu Bersertifikat Halal, Ini Sebabnya

Beberapa negara ada yang wajibkan sertifikat halal air mineral kemasan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria minum air mineral kemasan. Air mineral dalam kemasan juga perlu dijamin kehalalannya.
Foto: Photo by Maurício Mascaro from Pexels
Seorang pria minum air mineral kemasan. Air mineral dalam kemasan juga perlu dijamin kehalalannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika membeli air mineral kemasan, apakah Anda pernah memperhatikan kehalalannya? Isinya "cuma" air putih, apa perlunya sertifikat halal pada air minum kemasan?

Beberapa negara memang mensyaratkan air mineral kemasan harus memiliki sertifikat halal. Bukan karena produknya, melainkan karena proses penyaringan yang dilakukannya.

Baca Juga

Uni Emirat Arab bukan termasuk salah satu negara yang mewajibkan air mineral kemasan halal. Meskipun beberapa minuman bersoda yang dikonsumsi di sana telah memiliki sertifikat halal.

Pertanyaan halal sangat relevan bagi umat Islam, di mana pun mereka berada di dunia. Tapi halal lebih dari sekadar memastikan cara khusus menyembelih hewan untuk dikonsumsi, menghindari produk berbasis babi dan sapi, atau tidak minum alkohol.

Pasar halal sekarang menjadi industri global multi-triliun dolar di berbagai kelompok, termasuk kosmetik, pariwisata halal, mode sederhana, keuangan Islam, farmasi, dan banyak lagi. Lalu, mengapa air mineral kemasan perlu disertifikasi halal?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement