Senin 12 Feb 2024 21:08 WIB

Baru Berhijab, Bagaimana Supaya Terasa Nyaman Sepanjang Hari?

Cara memakai hijab yang nyaman dapat bervariasi untuk setiap Muslimah.

Muslimah sedang mengenakan hijab. Penting untuk memperhatikan bentuk wajah dan panjang rambut saat memilih cara memakai hijab.
Foto: Rakhmawati La'lang/Republika
Muslimah sedang mengenakan hijab. Penting untuk memperhatikan bentuk wajah dan panjang rambut saat memilih cara memakai hijab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memilih hijab yang nyaman dan tepat adalah kunci untuk menjaga kenyamanan sepanjang hari. Salah satu langkah penting dalam memilih hijab yang nyaman adalah memperhatikan bahan yang digunakan.

Founder jenama fashion Muslim Kami, Istafiana Candarini, yang akrab disapa Irin mengatakan voal menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk pembuatan hijab dan nyaman untuk digunakan. Tak heran jika banyak pabrik yang ingin membuat bahan tersebut.

Baca Juga

"Banyak pabrik yang ingin membuat voal yang kami udah pake, cuma tidak berhasil karena ini memang bahan yang dikembangkan dan dipatenkan oleh pabrik-pabrik tertentu," kata Irin usai konferensi pers "The Kimmonia Series" di Jakarta, Senin (12/2/2024).

Selain memilih bahan yang tepat, penting juga untuk memperhatikan cara memakai hijab dengan benar. Salah satu tips yang disarankan oleh Irin adalah menggunakan pentul di bagian leher dan bagian depan disilangkan ke belakang.

 

Langkah ini membantu menjaga hijab tetap stabil dan tidak mudah terlepas selama beraktivitas. Pada kesempatan yang sama, Founder Kami lainnya, Nadya Karina, menjelaskan bahwa memilih hijab yang nyaman dan sesuai dengan preferensi pribadi adalah kunci untuk menjaga kenyamanan sepanjang hari.

Terlebih, setiap Muslimah memiliki bentuk wajah dan gaya rambut yang berbeda. Itu artinya, cara memakai hijab yang nyaman dapat bervariasi untuk setiap individu.

"Jadi sama kaya mengenal diri masing-masing lihat bentuk muka, lihat contoh jenis hijab sesuai bentuk muka," ungkap Nadya.

Menurut sebagian Muslimah, penting untuk memperhatikan bentuk wajah dan panjang rambut saat memilih cara memakai hijab. Misalnya, bagi yang memiliki jidat lebih menonjol atau anak rambut yang panjang, mungkin lebih nyaman dengan model hijab tertentu.

Ada juga yang menyarankan untuk menggunakan ciput sebagai dasar sebelum memakai hijab untuk menjaga rambut tetap tertutup dan rapi sepanjang hari. Meski demikian, beberapa Muslimah mungkin merasa tidak nyaman dengan penggunaan ciput dan lebih memilih menggunakan pashmina yang langsung pakai.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement