Jumat 09 Feb 2024 19:30 WIB

RM BTS tak Dicantumkan Sebagai Penulis Lagu 'Spring Day', Hybe Dituntut Minta Maaf

Fans BTS kecewa karena Hybe dituduh tak mengakui kontribusi RM di lagu 'Spring Day'.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BTS dalam video klip Spring Day. Agensi BTS, Hybe, diminta minta maaf kepada RM (paling kanan) karena tak mencantumkannya sebagai penulis lagu Spring Day di Weverse Magazine.
Foto: Dok. BigHit
Grup K-pop BTS dalam video klip Spring Day. Agensi BTS, Hybe, diminta minta maaf kepada RM (paling kanan) karena tak mencantumkannya sebagai penulis lagu Spring Day di Weverse Magazine.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial X dihebohkan dengan tagar "Hybe Apologize To Namjoon". Tren ini muncul setelah kontroversi seputar artikel terbaru di Weverse Magazine milik Hybe, perusahaan yang menaungi BTS.

Artikel tersebut membahas lagu ikonik "Spring Day" yang dirilis oleh BTS pada 2017. Artikel memunculkan kekecewaan di kalangan penggemar, karena tidak mengakui kontribusi penting RM, leader BTS, dalam penulisan lagu tersebut.

Baca Juga

Weverse Magazine menerbitkan artikel yang memperingati lagu "Spring Day" sebagai salah satu karya paling berkesan dari BTS, Rabu (7/2/2024). Namun, penggemar segera memperhatikan bahwa Namjoon, yang berperan penting dalam penulisan lagu itu, tidak mendapatkan penghargaan atau pengakuan yang layak dalam artikel tersebut. Hal ini menyebabkan kemarahan di kalangan penggemar, yang merasa bahwa RM telah diabaikan dan kurang dihargai.

Penggemar marah atas dugaan penghapusan RM BTS dari kredit lagu oleh majalah Weverse. Penggemar bereaksi negatif terhadap keputusan majalah Weverse untuk tidak mengakui kontribusi penyanyi bernama asli Kim Namjoon ini dalam penulisan lagu "Spring Day".

 

"Tidak mengejutkan jika fandom antre untuk memuji ketika Namjoon dihapus dari karyanya sendiri. Dia adalah penulis lagu utama dan bahkan tidak disebutkan?," tulis akun @recordstrorel***, dilansir Sports keeda, Jumat (9/2/2024).

BTS merekam lagu “Spring Day” untuk album 2017 mereka You Never Walk Alone yang merupakan penerbitan ulang album studio kedua mereka, Wings (2016). “Spring Day" merupakan salah satu lagu paling ikonik dari BTS, yang menggambarkan perjalanan emosional dan kesulitan yang dialami oleh seseorang.

RM bersama dengan anggota lain dari BTS dan penulis lainnya Bang Si-hyuk dan Suga, berkontribusi dalam menciptakan lagu yang sangat berarti bagi penggemar di seluruh dunia. Rekan penulis lagu lainnya adalah Adora, Arlissa Ruppert, Peter Ibsen, dan Pdogg, produser lagu tersebut.

Namun, kurangnya penghargaan yang diberikan kepada RM dalam artikel Weverse menyebabkan kemarahan di kalangan penggemar, yang menuntut permintaan maaf dari Hybe atas kekurangan tersebut. RM yang saat ini menjalani masa wajib militernya di Korea Selatan, telah menjadi pusat perhatian sejak berita ini mencuat.

Meskipun RM sedang menjalani tugas militer, dukungan dan cinta dari penggemar BTS tetap mengalir, dengan banyak dari mereka mengekspresikan kekecewaan mereka terhadap Hybe dan tuntutan mereka akan pengakuan yang pantas bagi Namjoon. "Bagaimana kamu menulis tentang ‘Spring Day’ tanpa membicarakan Namjoon, ide dan melodinya, perannya sebagai penulis lirik utama? Apa ini?," tulis akun @realmoon***.

“Sayang sekali!!!! Mengapa kamu tidak menghormati artismu?! Siapa yang telah memberimu segalanya. Begini caramu membayarnya??” tulis akun @Lanaloves***.

“Mendiskreditkan Namjoon tidak akan menghilangkan bakatnya tetapi kami membutuhkan penghargaan yang pantas untuk karyanya,” tulis akun @aswathi***.

Saat itu, RM dan anggota BTS lainnya sedang menjalani masa wajib militer mereka. Meski begitu, penggemar bersama-sama mengekspresikan harapan mereka agar Hybe mengambil langkah yang tepat untuk memperbaiki kesalahan dan memberikan penghargaan yang layak kepada RM dan anggota lainnya atas kontribusi mereka yang tak terbantahkan dalam kesuksesan BTS dan lagu-lagu mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement