Senin 05 Feb 2024 21:37 WIB

Rumor Agensi BTS Hybe Mau Akuisisi SM Entertainment, Warganet: Jika Terjadi, Itu Monopoli

Rumor Hybe mau mengakuisisi SM Entertainment menimbulkan reaksi publik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BTS bersama founder Hybe Bang Si-hyuk.Warganet menanggapi rumor Hybe berencana mengakuisisi SM Entertainment. Jika itu terjadi, Hybe dinilai melakukan monopo;i.
Foto: Dok. Instagram/@hitmanb72
Grup K-pop BTS bersama founder Hybe Bang Si-hyuk.Warganet menanggapi rumor Hybe berencana mengakuisisi SM Entertainment. Jika itu terjadi, Hybe dinilai melakukan monopo;i.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan ini muncul rumor seputar potensi minat baru Hybe Labels untuk mengakuisisi SM Entertainment. Kabar tersebut telah menimbulkan tanggapan yang cukup besar dari para warganet Korea. 

Dilansir Koreaboo, Senin (5/2/2024), desas-desus seputar niat para raksasa industri hiburan ini berasal dari laporan yang mengisyaratkan bahwa Kakao, yang mengakuisisi SM pada awal tahun lalu, mungkin sedang menjajaki gagasan untuk melakukan divestasi dari raksasa K-pop tersebut.

Baca Juga

Kemungkinan ini memicu gelombang diskusi di komunitas K-pop. Meskipun Kakao dengan cepat membantah klaim tersebut, diskusi-diskusi tetap berlanjut. 

Laporan-laporan terbaru dari ChosunBiz mengeklaim bahwa beberapa perusahaan, termasuk Hybe, NCSOFT, F&F, MGM, dan bahkan pendiri SM Entertainment Lee Soo-man, telah mengambil tindakan-tindakan yang bertujuan untuk menghidupkan kembali minat untuk mengakuisisi (atau mengakuisisi kembali dalam kasus Lee) perusahaan tersebut. Kegagalan pada tahun lalu antara Hybe, Lee Soo-man, dan CEO SM Entertainment saat itu Lee Sung-soo menarik banyak perhatian dengan para warganet dan penggemar artis SM yang cemas akan masa depan perusahaan. Oleh karena itu dapat dimengerti mengapa fokus kembali tertuju pada perusahaan, karena semua orang berharap terulangnya “drama” pada tahun lalu dapat dihindari.

Para warganet pun tak segan-segan berbagi pandangan-pandangan mengenai hal ini. Sementara beberapa orang mempertanyakan kebenaran laporan-laporan ini, yang lain memiliki perasaan yang lebih negatif terhadap rumor ketertarikan Hybe. Sebagian besar dari kekhawatiran tersebut berasal dari kekhawatiran terhadap potensi konsolidasi kekuasaan raksasa K-pop tersebut. 

BACA JUGA: Kehidupan Masa Sekolah BTS Diungkap: Ada yang Aktif, Ada Juga yang Hobi Tidur di Kelas

Berikut merupakan komentar-komentar warganet terkait potensi minat baru Hybe Labels untuk mengakuisisi SM Entertainment. “Mereka sudah bilang tidak akan menjual. Mereka telah mengambil keputusan tersebut beberapa waktu lalu, jadi mengapa mereka masih menulis artikel-artikel tentang hal ini?”.

"Saya berharap bukan Hybe yang membeli SM. Jika Hybe membeli SM, pada dasarnya itu adalah monopoli”. 

Hybe bilang mereka tidak punya uang untuk membeli SM, tapi dari semua pihak yang tertarik membeli SM, saya yakin Hybe punya uang paling banyak”.

“Saya tidak peduli lagi, biarkan mereka melakukan apa yang mereka mau”.

“Saya telah melihat begitu banyak laporan yang bertentangan. Saya tidak percaya artikel-artikel lagi”. 

Masih harus dilihat apakah perkataan para orang dalam industri ini benar, dan jika benar, perusahaan mana yang akan mengambil langkah untuk membeli SM Entertainment dari Kakao. Untuk saat ini, raksasa teknologi Korea Selatan tersebut tetap yakin bahwa SM Entertainment sebenarnya tidak akan dijual. 

BACA JUGA: RM BTS Layak Dinobatkan Sebagai Leader Terbaik Grup K-Pop, Apa Alasannya? 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement