Sabtu 03 Feb 2024 12:20 WIB

Kocak Sejak Awal, Argylle Sukses Bikin Ketawa Sampai Berurai Air Mata

Apa yang terjadi ketika kisah novel spionase dianggap kenyataan?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Bryce Dallas Howard berperan sebagai tokoh penulis novel Elly Conway di film Argylle.
Foto: Dok. Universal Pictures
Aktris Bryce Dallas Howard berperan sebagai tokoh penulis novel Elly Conway di film Argylle.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seri novel mata-mata berjudul Argylle karya penulis Elly Conway (Bryce Dallas Howard) laku keras. Banyak penggemar menganggap kisahnya sangat nyata, seolah Elly adalah agen mata-mata sungguhan. Padahal, Elly hanya perempuan introver yang tinggal bersama seekor kucing kesayangannya.

Saat akan merampungkan buku kelimanya, Elly sempat diserang writer's block dan merasa buntu menulis. Dia hendak mengunjungi orang tuanya sambil mencari inspirasi untuk lanjutan cerita tentang agen Argylle. Namun, Elly justru menghadapi berbagai masalah yang terkait dengan sindikat mata-mata betulan di dunia nyata.

Baca Juga

Kisah Elly sang penulis sudah bisa disimak di film Argylle arahan sutradara Matthew Vaughn. Dengan naskah asli yang ditulis Jason Fuchs, film besutan rumah produksi Universal Pictures ini sangat berpotensi menjadi waralaba yang terus berlanjut.

photo
Henry Cavill dalam salah satu adegan di film Argylle. Film ini mendapat banjir komentar negatif dari kritikus film. - (Dok. Universal Pictures)

Meski tokoh-tokohnya baru diperkenalkan, tapi sudah memiliki karakterisasi unik yang cukup menempel di benak penonton. Misalnya, deretan tokoh di novel Argylle karangan Elly, seperti Agen Argylle (Henry Cavill), Agen Wyatt (John Cena), juga tokoh antagonis LaGrange (Dua Lipa).

Di adegan-adegan awal, sudah terlihat bibit-bibit komedi dari film ini, yang ternyata terus memuncak seiring durasi. Bahkan, di bagian sepertiga akhir, penonton disuguhi cukup banyak momen kocak yang sangat absurd tapi sukses membuat tertawa hingga berurai air mata.

Aksi tokoh mata-mata asli di dunia nyata yang berjumpa dengan Elly, yakni Aidan (Sam Rockwell), juga sangat mengesankan dalam menjalankan misinya. Menjadi sangat lucu ketika tiap kali melihat Aidan, Elly justru terbayang Argylle alias Henry Cavill.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement