Kamis 01 Feb 2024 14:22 WIB

Unggah Logo Mirip BTS, Klub Sepak Bola Birmingham City FC Diprotes

Fans BTS meminta agar Birmingham City FC tidak menggunakan logo BTS.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Logo BTS (kanan) dan logo yang diunggah Birmingham City FC. Kemiripan logo tersebut diprotes oleh fans BTS, Army.
Foto: Dok. Birmingham City FC/BigHit via Allkpop
Logo BTS (kanan) dan logo yang diunggah Birmingham City FC. Kemiripan logo tersebut diprotes oleh fans BTS, Army.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub sepak bola Birmingham City FC diduga menggunakan logo mirip milik BTS dalam unggahan terbaru mereka. Unggahan yang menuai protes dari para penggemar BTS atau Army ini dibuat untuk menyambut bergabungnya gelandang asal Korea Selatan, Paik Seung-ho, ke dalam tim mereka.

Dalam unggahan tersebut, Birmingham City FC menampilkan dua gambar trapesium berwarna putih yang sangat mirip dengan logo BTS. Namun alih-alih menuliskan nama BTS di bawah logo tersebut, Birmingham City FC menuliskan inisial Seung-ho, yaitu PSH.

Baca Juga

"Segera," tulis Birmingham City FC dalam unggahan tersebut, mengindikasikan bahwa sang gelandang akan segera bergabung dengan mereka, seperti dilansir Allkpop pada Kamis (1/2/2024).

Unggahan tersebut membuat banyak Army kebingungan karena mereka menilai logo BTS digunakan untuk hal yang tak berkaitan dengan BTS. Meski BTS dan Seung-ho sama-sama berasal dari Korea Selatan, keduanya berkarier dalam bidang yang sangat berbeda dan tak memiliki benang merah lain.

"Apa iniiiii," komentar seorang Army di X.

Sejumlah Army juga memberikan edukasi kepada Birmingham City FC bahwa logo yang mereka gunakan dalam unggahan tersebut adalah logo BTS. Mereka meminta pihak Birmingham City FC untuk tidak memanfaatkan logo BTS di luar konteks, terlebih saat ini para anggota BTS sedang menjalani masa wajib militer.

Baca juga: Film Terbaik Gong Yoo: Drama Percintaan Hingga Aksi Penuh Ketegangan, Mana Favorit Kamu?

Beberapa warganet lain menambahkan bahwa Birmingham City FC bisa terlibat masalah hukum bila memanfaatkan logo BTS tanpa izin. Seperti diketahui, hak cipta logo BTS sudah didaftarkan dan perusahaan yang menaungi BTS saat ini tidak akan segan untuk mengambil jalur hukum bila logo tersebut digunakan tanpa izin.

Warganet lain juga meminta agar Birmingham City FC tidak menggunakan logo BTS sebagai simbol Korea Selatan. Menurut mereka, tindakan tersebut tidak tepat untuk diambil.

"Kalian tahu kan kalau itu bukan simbol Korea Selatan? Itu adalah logo BTS (yang sudah dilindungi hak cipta)," ungkap seorang Army.

Dalam beragam unggahan yang mereka buat, para Army hanya mendesak pihak Birmingham City FC. Sebagian dari Army tetap mengucapkan selamat untuk Seung-ho karena telah menandatangani kontrak dan bergabung dengan klub tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement