Senin 29 Jan 2024 12:26 WIB

Belajar Bahasa Korea dari Lagu BTS, Mungkinkah? Ini Kata Ahli

Lagu 'Just One Day' BTS disebut bisa membuat fans 'fasih' berbahasa Korea.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Grup musik K-pop BTS. Lagu Just One Day milik BTS dinilai merupakan salah satu lagu yang dapat memudahkan orang-orang untuk mempelajari bahasa Korea.
Foto: EPA
Grup musik K-pop BTS. Lagu Just One Day milik BTS dinilai merupakan salah satu lagu yang dapat memudahkan orang-orang untuk mempelajari bahasa Korea.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di kalangan fandom BTS atau Army, ada sebuah gurauan yang menyatakan bahwa lagu "Just One Day" dari grup band populer tersebut bisa membuat para penggemar menjadi fasih berbahasa Korea. Gurauan ini muncul karena lagu tersebut menuai popularitas yang besar dan masih sering diputar hingga saat ini meski dirilis sejak 2014.

Selain memiliki popularitas yang besar, lagu dari album Skool Luv Affair ini juga memiliki chorus yang mengalir dengan sangat mulus. Lantunan yang mulus ini memudahkan orang-orang untuk bisa mendengar dan melafalkan lirik berbahasa Korea dalam chorus tersebut dengan jelas meski mereka tidak familiar terhadap bahasa Korea.  

Baca Juga

Hal ini pula yang dirasakan oleh kolumnis Consequence, Mary Siroky. Secara pribadi, Siroky mengungkapkan bahwa dia sebenarnya bisa mengucapkan beberapa kalimat dasar dalam bahasa Korea, seperti kalimat untuk memperkenalkan diri atau menghitung angka satu, dua, serta tiga.

Akan tetapi, Siroky mengungkapkan bahwa dia tidak bisa membaca Hangul atau memahami struktur kalimat dan gramatika bahasa Korea secara lancar. Meski begitu, dia bisa dengan mudah memahami bahasa Korea dalam "Just One Day".

Ternyata, mempelajari bahasa asing melalui lagu bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Menurut studi yang dibiayai oleh LTL Language School, memahami bahasa asing lewat lagu ternyata merupakan fenomena yang masuk akal.

"Singgungan antara hiburan dan edukasi menggarisbawahi bagaimana musik berperan sebagai pintu masuk untuk akuisisi bahasa," ungkap tim peneliti dalam studi tersebut, seperti dilansir Consequence pada Senin (29/1/2024).

Mereka juga menyebutkan bahwa "Just One Day" merupakan salah satu lagu yang dapat memudahkan orang-orang untuk mempelajari bahasa Korea. Bahkan, mereka juga menyebut "Just One Day" sebagai salah satu lagu yang paling mudah untuk dipahami oleh seseorang yang sedang mencoba belajar bahasa Korea.

Salah satu alasannya, para anggota BTS melafalkan lirik "Just One Day" dengan sangat jelas sehingga mudah untuk ditangkap oleh telinga orang yang awam terhadap bahasa Korea. Di sisi lain, lagu ini juga memiliki nuansa yang menenangkan sekaligus emosional sehingga lebih mudah melekat pada pendengar.

Pendengar yang mungkin tidak familier dengan bahasa Korea bisa menangkap pesan yang dikomunikasikan dalam lagu ini tanpa banyak kesulitan. Sedangkan pendengar yang sudah memiliki dasar berbahasa Korea juga dapat menerjemahkan lirik dalam lagu ini dengan cukup mudah.

Selain "Just One Day" milik BTS, para peneliti juga menilai lagu "Lilac" dari IU bisa membantu orang-orang untuk lebih mudah mempelajari bahasa Korea. Selain memiliki nuansa yang dreamy, lagu ini juga sangat populer dan memiliki lirik yang relatif mudah dipahami.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement