Selasa 30 Jan 2024 04:04 WIB

Usahakan Buang Air Besar Setelah Bangun Pagi, Ini Manfaatnya Menurut Ahli Naturopati

Dokter ahli naturopati sebut buang air besar paling baik di pagi hari.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Kloset. Buang air di pagi hari adalah kebiasaan yang bagus untuk tubuh.
Foto:

Tips Memperlancar Buang Air Besar

Menurut Cleveland Clinic, sembelit paling sering terjadi karena perubahan pola makan atau rutinitas. Orang bisa juga sulit buang air besar karena kurangnya asupan serat.

 

Rekomendasi perawatan diri untuk terbebas sembelit dari Cleveland Clinic, yakni berolahraga, menghindari makanan olahan dan gorengan, serta mengangkat kaki saat duduk di kloset. Jika ingin bisa buang air besar dengan mudah, ada tiga makanan-minuman yang akan membantu.

1. Buah ara

Dalam salah satu video TikTok, dr Bowring merekomendasikan buah ara bagus untuk memperlancar buang air besar karena kaya akan serat. Menurut Mayo Clinic, serat membantu mengatasi sembelit karena meningkatkan berat dan ukuran tinja serta melunakkannya.

 

Makanan berserat tinggi lainnya yang direkomendasikan oleh Cleveland Clinic adalah plum, sereal, jeruk, nanas, buah beri, mangga, alpukat, dan pepaya.

 

2. Air

"Tentu saja, Anda perlu terhidrasi dengan baik dengan air berkualitas baik agar segala sesuatunya tetap berjalan," kata Bowring.

Jika tidak cukup minum air, tinja akan menjadi kering dan keras, sehingga sulit dikeluarkan. Sekitar 20 persen asupan cairan harian biasanya berasal dari makanan dan sisanya dari minuman.

 

Menurut Cleveland Clinic, selain menghidrasi diri, hindari hal-hal yang membuat dehidrasi. Jauhi minuman berkafein, minuman manis, dan alkohol.

 

3. Minyak zaitun dalam kopi

Minum kopi mungkin merupakan salah satu cara paling umum yang dilakukan orang untuk mudah buang air besar. Hal ini didukung oleh sains, termasuk penelitian pada 2022 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients yang melaporkan kopi merangsang sekresi lambung dan usus besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement