Jumat 26 Jan 2024 03:21 WIB

Fakta Menarik di Balik Layar Film Glenn Fredly The Movie

Glenn Fredly The Movie segera tayang di bioskop pada 2024.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor pemeran Film Glenn Fredly The Movie, Marthino Lio (kedua kanan), Zulfa Maharani (kanan) Sonia Alyssa (kedua kiri) dan Alyssa Abidin (kiri) saat konferensi pers Peluncuran Teaser Trailer dan Teaser Poster Film Glenn Fredly The Movie di Jakarta, Rabu (24/1/2024). Film Gleen Fredly The Movie tersebut dipersembahkan oleh Time International Films yang diproduksi oleh DAMN! I Love Indonesia Pictures bekerja sama dengan adhya Pictures dan di sutradarai oleh Lukman Sardi yang menceritakan tentang perjalanan hidup musisi legendaris Indonesia Glenn Fredly dari mulai kisah cinta, musik yang akan dirilis di Bioskop pada tahun ini.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Aktor pemeran Film Glenn Fredly The Movie, Marthino Lio (kedua kanan), Zulfa Maharani (kanan) Sonia Alyssa (kedua kiri) dan Alyssa Abidin (kiri) saat konferensi pers Peluncuran Teaser Trailer dan Teaser Poster Film Glenn Fredly The Movie di Jakarta, Rabu (24/1/2024). Film Gleen Fredly The Movie tersebut dipersembahkan oleh Time International Films yang diproduksi oleh DAMN! I Love Indonesia Pictures bekerja sama dengan adhya Pictures dan di sutradarai oleh Lukman Sardi yang menceritakan tentang perjalanan hidup musisi legendaris Indonesia Glenn Fredly dari mulai kisah cinta, musik yang akan dirilis di Bioskop pada tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Film Glenn Fredly The Movie baru saja merilis teaser poster dan trailer setelah resmi merampungkan proses syutingnya. Film yang dipersembahkan oleh Time International Films dari DAMN! I Love Indonesia dan Adhya Pictures ini akan menyapa penggemar di bioskop pada 2024.

Glenn Fredly The Movie merupakan film yang akan menyoroti tiga aspek terpenting dalam kehidupan penyanyi legendaris Glenn Fredly, yaitu cinta, musik, dan keluarga. Film ini juga akan mengajak penonton untuk menyaksikan beragam kisah yang melatarbelakangi terciptanya lagu-lagu hits  dari pria berdarah Ambon tersebut.

Baca Juga

"Semua lagu yang dibawakan Bung Glenn punya cerita masing-masing buat pendengarnya. Dengan adanya film ini, semoga memori itu kembali lagi saat menonton film ini. Memori itu treasure dalam hidup kita yang nggak bisa diulang lagi," jelas produser Glenn Fredly The Movie, Robert Ronny, dalam peluncuran teaser poster dan trailer film Glenn Fredly The Movie di Epicentrum XXI, Rabu (24/1/2024).

Selain dapat menjadi tontonan yang menyentuh hati dan nostalgis, film Glenn Fredly The Movie juga memiliki beberapa fakta di balik layar yang menarik. Berikut ini adalah lima fakta di antaranya:

 

1. Baju pengantin asli

Film Glenn Fredly The Movie akan menampilkan momen pernikahan antara Glenn dan istrinya, Mutia Ayu. Sejak awal film ini digarap, sosok Mutia yang asli sempat berbicara dengan produser Glenn Fredly The Movie, Daniel Mananta. Kepada Daniel, Mutia meminta agar adegan pernikahannya dengan mendiang Glenn di dalam film ditampilkan senyata mungkin.

"Artinya, mulai dari pakaiannya, sepatunya, makeup-nya, pokoknya ngikutin apa yang dulu (digunakan saat) aku nikah," ungkap Mutia.

Oleh karena itu, Mutia tak ragu untuk meminjamkan pakaian pernikahan pernikahan yang dia dan Glenn kenakan saat menikah dulu kepada tim produksi film Glenn Fredly The Movie. Pakaian tersebut lalu digunakan oleh aktor Marthino Lio (Glenn) dan Zulfa Maharani (Mutia) ketika melakukan syuting adegan pernikahan.

"Baju yang dipakai Kak Ayu dan Bung Glenn (saat menikah) kita pakai syuting. Deg-degan takut rusak bajunya, tapi itu memorable banget," kata Zulfa yang akan memerankan sosok Mutia dalam film.

2. Perkenalan untuk buah hati

Mendiang Glenn dan Mutia resmi menikah pada 19 Agustus 2019. Dari pernikahan ini, keduanya dikaruniai seorang anak perempuan bernama Gewa pada 28 Februari 2020. Glenn lalu menutup usia di umur 44 tahun pada 8 April 2020 akibat meningitis.

"Beberapa hari sebelum meninggal, Glenn sempat flashback cerita kehidupannya dari dia kecil," ungkap Mutia.

Saat Glenn menutup usia, Gewa masih berusia sangat kecil. Oleh karena itu, Mutia sering kali berpikir bagaimana dia bisa memperkenalkan sang anak kepada sosok ayahnya.

Dulu, Mutia berpikir bahwa hal tersebut bisa dia lakukan dengan memperlihatkan foto, video klip, hingga lagu-lagu dari Glenn. Namun dengan hadirnya film Glenn Fredly The Movie, Mutia merasa Gewa bisa mendapatkan satu pengalaman yang baru untuk mengenal sosok ayahnya.

3. Pertemuan dengan pemeran Nola di Pesawat

Saat film Glenn Fredly The Movie masih dalam tahap penulisan draft naskah, Daniel selaku produser sempat duduk bersebelahan di pesawat dengan aktris Alyssa Abidin tanpa direncanakan. Komunikasi yang terjalin di antara keduanya selama di pesawat memunculkan dorongan di hati Daniel untuk merekomendasikan Alyssa kepada casting director sebagai pemeran Nola.

"Di hati ini kayaknya dia cocok jadi Nola," ungkap Daniel.

Ternyata, bukan hanya Daniel yang berpendapat demikian. Setelah melalui proses casting, pihak casting director dan Lukman Sardi selaku sutradara juga sepakat untuk memilih Alyssa sebagai pemeran Nola.

Siapa sangka, Alyssa juga memiliki seorang sepupu perempuan yang pernah bekerja cukup lama dengan Glenn. Sang sepupu, lanjut Alyssa, kerap bercerita mengenai kebaikan dan perhatian yang kerap diberikan Glenn kepada semua timnya.

"Waktu sepupuku lahiran, suaminya sampai di-chat (oleh Glenn) untuk menanyakan kabar. Komentar-komentar positif (tentang Glenn) itu yang bikin aku nangis mendengar ceritanya," ungkap Alyssa.

4. Tantangan baru Bucek Depp

Sebagai seorang aktor senior, Bucek Depp sering kali merasa kangen dengan tantangan-tantangan baru dalam beradu peran. Tantangan baru ini akhirnya dia dapatkan setelah dipercaya untuk memerankan sosok ayah Glenn, yaitu Henkie, di dalam film Glenn Fredly The Movie.

Menurut Bucek, tantangan terbesar yang harus dia hadapi adalah memerankan sosok Henkie yang merupakan keturunan Ambon. Hal ini menjadi tantangan bagi Bucek karena dia sama sekali tidak memiliki darah Ambon.

Oleh karena itu, Bucek memberikan usaha terbaiknya agar bisa memerankan sosok Henkie dengan prima. Jerih payah Bucek ini akhirnya berbuah manis karena dia mendapatkan banyak apresiasi, termasuk dari lawan mainnya, Ruth Sahanaya, yang berdarah Ambon.

"Dapet banget, hebat dia. Waktu pertama syuting, lu Ambon banget, keren," puji Ruth kepada Bucek.

5. Sumber inspirasi Glenn

Film Glenn Fredly The Movie turut melibatkan sosok penyanyi yang selama ini kerap menjadi salah satu sumber inspirasi Glenn yaitu Ruth atau Mama Uthe. Dalam banyak sesi wawancara, Glenn kerap mengungkapkan bahwa dia sangat menggemari Ruth. Pada masa lalu, Glenn bahkan rela untuk menunggu di luar TIM demi bisa mendengarkan suara Ruth yang sedang menggelar konser di sana karena tidak memiliki tiket.

Oleh karena itu, Glenn merasa sangat bahagia ketika dia diminta oleh Ruth untuk menjadi bintang tamu dalam konser perayaan 25 tahun berkaryanya. Ruth mengungkapkan bahwa Glenn akan selalu memiliki tempat yang istimewa di hatinya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement