Kamis 25 Jan 2024 20:30 WIB

Tagar ‘Hybe Divest From Zionism’ Jadi Trending di X, Ini Permintaan Fans K-Pop

Fans K-pop mengusung boikot terhadap 4 agensi besar Korea.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Qommarria Rostanti
Aksi boikot (ilustrasi). Muncul hashtag Hybe Divest From Zionism.
Foto: muslimvillage.com
Aksi boikot (ilustrasi). Muncul hashtag Hybe Divest From Zionism.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar K-pop meminta pertanggungjawaban perusahaan dan artis karena mendukung atau terus mengonsumsi, terlibat, mengambil keuntungan dari, mempromosikan, atau bermitra dengan merek yang diboikot. Contoh terbaru adalah penggemar menghubungi perusahaan idola yang terus berinteraksi dengan merek yang diboikot seperti Starbucks dan McDonald’s.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan menyerukan artis untuk berhenti berinteraksi dengan merek tersebut. Dilansir Koreaboo, Kamis (25/1/2024), penggemar baru-baru ini mengadakan boikot terhadap empat perusahaan agensi besar Korea yakni SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, dan Hybe, atas dukungan mereka terhadap merek yang saat ini ada dalam daftar boikot. 

Baca Juga

Boikot terhadap empat agensi besar melalui aksi #strikeagainstthe4 untuk mengumpulkan informasi dan menyadarkan mereka, menyerukan kepada para penggemar untuk “berdiri dalam solidaritas dengan warga Palestina” dengan mendeklarasikan pemogokan terhadap pembelian merchandise atau pembelian atau streaming musik oleh artis perusahaan dari 23-28 Januari 2024. Sementara itu, di media sosial X juga muncul tagar #HYBEDivestFromZionism dan #하이브시오니스트를제거하다. Republika mengeklik tagar tersebut dan banyak menemukan para penggemar mendesak Hybe untuk mendengarkan konsumen mereka. 

Hybe juga didesak untuk memisahkan agensi dan artisnya sepenuhnya dari individu zionis, serta melakukan divestasi dari produk dan layanan zionis yang mendukung dan/atau mendanai genosida warga Palestina. “Hybe yang terhormat, kami mendesak Anda untuk mendengarkan para konsumen Anda dan memisahkan Hybe dan para artisnya sepenuhnya dari individu-individu zionis dan melakukan divestasi dari produk-produk dan layanan-layanan zionis yang mendukung dan/atau mendanai genosida warga Palestina!! #HYBEDivestFromZionism #하이브시오니스트를제거하다,” tulis salah satu akun X penggemar, @stxllwitxixeu.

Ada juga akun X penggemar yang meminta HYBE untuk menghapus Scooter Braun. “HYBE HAPUS SCOOTER BRAUN #StrikeAgainstThe4 #HYBEDivestFromZionism #하이브시오니스트를제거하다,” tulis @xaxrupyxyy. 

Lainnya, akun X @jixinspxokixe menulis, “BTS dan para Army membuat Hybe dan sekarang mereka melakukan hal-hal kecil dan jahat demi uang. Saatnya menunjukkan kepada mereka apa yang kita bisa lakukan. KAMI TIDAK INGIN ARTIS-ARTIS KAMI TERKAIT DENGAN PARA ZIONIS MANAPUN #HYBEDivestFromZionism #StrikeAgainstThe4.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement