Rabu 24 Jan 2024 22:26 WIB

Barbie Film Cewek Banget, Kandidat Peraih Oscar Malah Kaum Adam

Greta Gerwig dan Margot Robbie tidak masuk nominasi Oscar untuk film Barbie.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Salah satu adegan di film Barbie (2023). Barbie dibintangi Margot Robbie dan diarahkan Greta Gerwig.
Foto: Dok Warner Bros. Pictures
Salah satu adegan di film Barbie (2023). Barbie dibintangi Margot Robbie dan diarahkan Greta Gerwig.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Barbie termasuk karya yang meraih sukses di 2023 dengan raupan 1,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp 22 triliun. Sutradara Greta Gerwig juga memecahkan rekor karena menjadi sineas perempuan pertama yang mencapai angka 1 miliar dolar AS.

Film tersebut dibintangi oleh aktris Margot Robbie dan aktor Ryan Gosling. Bicara soal Barbie, tentu identik dengan dunia perempuan yang hendak disampaikan kepada penonton. Tetapi ketika berbicara Academy Awards, kaum laki-laki bisa dibilang masih memegang kendali.

Baca Juga

Belum lama ini, pengumuman nominasi Oscar dianggap mengecewakan. Nominasi Academy Award 2024 diumumkan pada Selasa (23/1/2024), di mana Barbie muncul sebagai favorit pemilih dengan delapan nominasi. Tetapi Gerwig dan Robbie sama sekali tidak masuk nominasi dalam kategorinya masing-masing.

Memang, ada America Ferrera yang masuk nominasi sebagai aktris pendukung terbaik dari Barbie. Ryan Gosling juga masuk nominasi sebagai Aktor Pendukung Terbaik.

 

Tetapi fakta bahwa Gerwig dan Robbie tidak masuk nominasi adalah hal janggal yang mengundang pertanyaan. Nominasi film lainnya sebagian besar condong ke arah kontributor pria dalam film tersebut. 

Hal ini menjadi sebuah perbedaan yang mencolok untuk film tentang pengalaman perempuan. Apakah ini menjadi bukti nyata patriarki di Hollywood?

Gosling meraih nominasi Aktor Pendukung Terbaik sebagai Ken, sahabat karib sang pahlawan wanita (Barbie) yang terobsesi soal membongkar patriarki. Cicitan salah satu pengguna X menyebutkan Margot Robbie tidak masuk nominasi Barbie, tetapi Ryan Gosling masuk nominasi sebagai pemeran Ken.

Ferrera dan Gosling sama-sama mengaku kecewa dengan pengumuman nominasi Oscar tahun ini. Hal itu disampaikan kepada Variety dalam sebuah wawancara pada hari Selasa.

"Greta telah melakukan apa saja yang bisa dilakukan seorang sutradara agar pantas mendapatkannya," kata Ferrera kepada media tersebut, seperti dilansir Business Insider, Rabu (24/1/2024).

"Menciptakan dunia ini, dan mengambil sesuatu yang tidak memiliki nilai melekat pada kebanyakan orang dan menjadikannya fenomena global. Rasanya mengecewakan tidak melihatnya dalam daftar (nominasi) itu," ujar dia.

Ferrera merasa bahwa menyaksikan kehebatan Robbie di Barbie merupakan salah satu kehormatan dalam kariernya. Robbie disebut telah melakukan penampilan luar biasa semaksimal mungkin.

Gosling juga mengungkapkan kekecewaannya terkait pengumuman nominasi. Menurut dia, tentu tidak akan ada Ken tanpa Barbie dan tidak ada film Barbie tanpa Greta Gerwig dan Margot Robbie.

"Mereka dua orang paling bertanggung jawab atas film yang membuat sejarah dan dirayakan secara global ini," ujarnya.

Fenomena ini mungkin terasa seperti déjà vu bagi Gerwig, yang juga pernah mengalami pengalaman serupa di masa lalu. Dia tidak masuk nominasi untuk film terbaik Little Women pada 2020.

Film tersebut dinominasikan untuk Film Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, Aktris Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, Skor Asli Terbaik, dan Desain Kostum Terbaik. Hanya delapan sutradara wanita yang dinominasikan dalam sejarah Oscar, termasuk satu sutradara tahun ini, yakni Justine Triet untuk Anatomy of a Fall.

Gerwig dinominasikan untuk Lady Bird pada 2018. Hanya saja, dia kalah dari Guillermo del Toro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement