Rabu 24 Jan 2024 16:00 WIB

Anak Perlu Olahraga 60 Menit Setiap Hari, Usia Berapa Mulai Boleh Bersepeda?

Anak membutuhkan total sekitar 60 menit untuk berolahraga setiap hari.

Sejumlah anak memacu sepedanya saat melintasi jalur Push Bike. Anak usia batita bisa belajar sepeda roda tiga sebelum mencoba balance bike.
Foto:

Mau ajarkan anak naik sepeda? Prof Rini menganjurkan untuk mengajarkannya sesuai perkembangan anak.

"Anak usia satu hingga tiga tahun dapat diajarkan sepeda roda tiga," kata Prof Rini.

Menyoroti musim balance bike, Prof Rini menjelaskan konsep balance bike berbeda dengan sepeda. Anak bawah tiga tahun (batita) tidak cocok menggunakannya.

"Sebaiknya beli sepeda roda tiga dulu, jangan balance bike. Kalau sudah bisa roda tiga, baru coba balance bike," tutur Prof Rini.

Ingin aktivitas fisik berat untuk anak? Prof Rini menjelaskan, anak usia sekolah dasar dapat mencoba berjalan cepat lebih dari lima kilometer per jam, berjalan mendaki bukit, dan berjalan membawa beban di punggung. Selain itu, mereka bisa jogging dengan kecepatan delapan kilometer per jam.

Aktivitas fisik bagi anak juga mencakup pekerjaan, seperti mengangkut beban berat, menyekop pasir, memindahkan batu bata, menggali selokan, dan mencangkul. Aktivitas fisik berat juga bisa dilakukan dengan memindahkan perabot rumah yang berat, bersepeda lebih dari 15 kilometer per jam dengan lintasan mendaki, bermain bola basket, sepak bola, badminton, dan bola voli.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement