Selasa 23 Jan 2024 08:52 WIB

Film Horor yang Pakai Teknologi Sebagai 'Hantu' untuk Takuti Penonton, Layak Disaksikan

10 film horor ini memakai produk teknologi untuk menghadirkan kisah yang mencekam.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film horor Ringu. Ringu menjadi salah satu film yang menggunakaan produk tekonologi untuk menakut-nakuti penonton.
Foto: Toho
Salah satu adegan di film horor Ringu. Ringu menjadi salah satu film yang menggunakaan produk tekonologi untuk menakut-nakuti penonton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam film-film bergenre fiksi ilmiah, teknologi sering kali digambarkan sebagai ancaman yang potensial bagi masa depan kehidupan manusia. Siapa sangka, produk teknologi juga kerap dimanfaatkan oleh sejumlah film horor sebagai villain atau sarana untuk menghadirkan kisah yang mencekam.

Setidaknya, ada 10 judul film horor terkait teknologi yang patut ditonton oleh para penggemar genre horor. Berikut ini adalah kesepuluh judul film tersebut, seperti dilansir MovieWeb pada Senin (22/1/24):

Baca Juga

1. Kairo (Pulse) (2001)

photo
Salah satu adegan dalam film Pulse. - (Toho.)

 

 

Film produksi Jepang ini merupakan salah satu film yang visioner pada masanya. Film bergenre tekno-horor ini berkisah mengenai banyaknya kasus bunuh diri di antara warga Tokyo setelah mengalami kejadian paranormal. Beberapa orang lalu menemukan bukti bahwa jiwa-jiwa yang tersiksa di alam lain berusaha untuk menginvasi kehidupan manusia melalui internet.

2. Possessor (2020)

photo
Salah satu adegan di film horor Possessor. - (Dok. Signature Entertianment)

 

Film yang menggabungkan genre horor dan fiksi ilmiah ini berusaha untuk menunjukkan dampak terburuk dari teknologi yang mungkin terjadi pada masyarakat. Film ini berkisah mengenai seorang agen yang bekerja untuk sebuah organisasi rahasia. Organisasi ini menggunakan teknologi implan otak untuk menguasai tubuh orang lain dan membuat tubuh tersebut melakukan aksi pembunuhan sesuai dengan permintaan klien.

3. The Den (2013)

photo
Salah satu adegan di film horor The Den. - (Dok. IFC Midnight)

 

Sebelum film Unfriended, The Den sudah hadir lebih dulu dengan format live chat. Film ini berkisah mengenai seorang wanita yang tengah mempelajari kebiasaan para pengguna web cam chat. Akan tetapi, kehidupan sang wanita berubah menjadi tak terkendali setelah menyaksikan pembunuhan keji secara daring melalui web cam chat.

4. Ringu (1998)

photo
Salah satu adegan di film horor Ringu. (ilustrasi) - (Toho)

 

Film asal Jepang ini merupakan salah satu film horor Jepang kontemporer yang menjadi penghubung antara legenda-legenda horor lama dengan dunia teknologi. Film ini berfokus pada perjalanan seorang reporter dan mantan suaminya dalam menginvestigasi sebuah rekaman video terkutuk yang bisa membunuh penontonnya dalam tujuh hari.

5. Pontypool (2008)

photo
Salah satu adegan di film Pontypool. - (Dok. Maple Pictures)

 

Pada hari yang tampak biasa saja, seorang DJ dan pegawai di stasiun radio mendapatkan laporan adanya wabah zombie mematikan. Mereka harus berjuang untuk bertahan hidup sambil menyebarluaskan informasi melalui radio demi menyelamatkan hidup banyak orang.

6. Unfriended (2014)

Bukan tanpa alasan bila film ini menjadi populer di kalangan para pecinta horor. Film ini mampu menghadirkan tontonan yang sangat mencekam dengan konsep live video chat. Film ini berpusat pada kehidupan enam orang sahabat sekolah yang sedang mengobrol lewat Skype dan mendapati adanya penyusup "supernatural" di dalam chatroom mereka.

7. Suicide Club (2001)

photo
Salah satu adegan di film horor Suicide Club. - (Dok TLA Releasing)

 

Salah satu film horor paling ikonik dari Jepang ini selalu memiliki tempat istimewa di hati banyak penggemar film horor. Film ini dimulai dengan 54 siswi SMA yang melemparkan diri mereka sendiri ke kereta yang sedang melaju. Seorang detektif lalu berusaha untuk mencari benang merah dari kasus yang tampaknya menghantui seluruh penjuru negeri ini.

8. We're All Going to the World's Fair (2021)

photo
Salah satu adegan di film horor Were All Going to the Worlds Fair. - (Dok. Utopia)

 

Film ini berfokus pada kehidupan seorang gadis yang terisolasi. Gadis yang kesepian itu mulai tak bisa membedakan kehidupan nyata dan fantasinya setelah mulai memainkan gim horor role playing.

9. M3GAN (2023)

photo
Potongan film M3GAN. - ( Dok. Universal Studio)

 

Dengan mengusung teknologi kecerdasan buatan, film M3GAN terasa sangat dekat dengan realita manusia moderen saat ini. Film ini berkisah mengenai boneka berbasis AI yang dirancang untuk menjadi teman bagi anak-anak. Kian hari, boneka bernama M3GAN tersebut mulai memiliki dorongan-dorongan untuk membangkang dan menjadi ancaman bagi kehidupan orang-orang di sekitarnya.

10. Lake Mungo (2008)

photo
Salah satu adegan di film lake Mungo. - (Dok. Arclight Films)

 

Film horor dengan gaya mockumentary ini berfokus pada sebuah keluarga yang sedang berduka. Keluarga ini mulai mengalami kejadian-kejadian aneh setelah salah satu anggota keluarga mereka, Alice, tenggelam di dalam bendungan.

Keluarga ini meyakini bahwa beragam kejadian aneh yang menimpa mereka merupakan upaya Alice untuk berkontak dengan mereka. Mereka lalu memasang sejumlah kamera di berbagai penjuru rumah dengan harapan bisa mendapatkan petunjuk. Namun, yang mereka dapatkan justru sesuatu yang sangat mengerikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement