Jumat 19 Jan 2024 09:26 WIB

3 Manfaat Air Kelapa Buat Kesehatan Menurut Para Ahli

Bukan cuma menyegarkan, air kelapa juga mengandung sejumlah zat gizi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang warga membawa kelapa muda. Air kelapa muda memiliki kandungan elektrolit yang tinggi.
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Seorang warga membawa kelapa muda. Air kelapa muda memiliki kandungan elektrolit yang tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di negara beriklim tropis seperti Indonesia tentu sangat mudah menemukan buah kelapa. Banyak orang menikmati air kelapa sebagai penghilang dahaga dan penambah kesegaran.

Air kelapa semakin populer dalam beberapa tahun terakhir berkat segudang manfaat yang ditawarkannya. Air kelapa adalah cairan yang ditemukan secara alami di dalam kelapa muda.

Baca Juga

"Kandungan air kelapa terdiri atas karbohidrat, potasium, dan berbagai tingkat senyawa lain seperti flavonoid, antosianin, asam fenolik, dan asam amino," kata Monique Richard, seorang ahli gizi diet terdaftar yang berbasis di Johnson City, Tennessee.

Richard yang juga pemilik Nutrition-In-Sight dan juru bicara media nasional untuk Academy of Nutrition Dietetics itu mengatakan air kelapa berpotensi memberikan sejumlah manfaat, terutama jika berasal dari kelapa hijau segar. Berikut beberapa manfaatnya menurut ahli, seperti dilansir dari Forbes, Jumat (19/1/2024).

1. Hidrasi

"Air kelapa adalah minuman yang sangat baik untuk ditambahkan ke dalam rutinitas hidrasi Anda karena kandungan elektrolitnya yang tinggi," kata Cordelia McFadyen, ahli nutrisi holistik bersertifikat dan pendiri serta pemilik perusahaan nutrisi holistik Inspired Living Nutrition Inc., yang berbasis di Calgary, Alberta, Kanada.

Elektrolit adalah mineral yang memengaruhi beberapa fungsi tubuh, termasuk jumlah air dalam tubuh dan fungsi otot. Tubuh kehilangan elektrolit saat berkeringat, sehingga harus diganti.

Penelitian kecil pada tahun 2012 terhadap 12 pria yang terlatih berolahraga menemukan bahwa ada minuman lain yang bisa memberikan efek rehidrasi serupa. Namun, terlepas dari temuan ini, beberapa ahli mencatat penelitian lain menunjukkan air putih mungkin tidak memiliki efek hidrasi yang sama seperti minuman olahraga atau air kelapa setelah latihan fisik.

2. Nilai gizi

Air kelapa kaya akan potasium. Satu gelas tanpa pemanis menawarkan 404 miligram potasium. Sebagai referensi, nilai harian yang direkomendasikan berkisar antara 2.600 miligram untuk wanita dan 2.400 miligram untuk pria.

Kalium membantu mengontraksikan otot, bertindak sebagai elektrolit, dan mendukung keseimbangan cairan tubuh. Selain potasium, satu gelas air kelapa siap minum tanpa pemanis juga mengandung sekitar 17 miligram kalsium, 15 miligram magnesium, 64 miligram natrium, dan 12 miligram fosfor.

Kalsium diperlukan untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat dan untuk pergerakan otot, serta fungsi lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement