Senin 15 Jan 2024 15:30 WIB

Dukung Gugatan Afsel di ICJ, Aktor Kondang Bacakan Dokumen Tuduhan Genosida oleh Israel

Dukung langkah bersejarah Afsel di ICJ, seleb dunia bacakan dokumen tuduhan genosida.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris senior Susan Sarandon membacakan klausul 56 dalam dokumen gugatan dugaan genosida oleh israel yang diajukan Afrika Selatan kepada Mahkamah Internasional.
Foto: Dok Palestine Festival of Literature
Aktris senior Susan Sarandon membacakan klausul 56 dalam dokumen gugatan dugaan genosida oleh israel yang diajukan Afrika Selatan kepada Mahkamah Internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan bintang terkenal dari dunia hiburan memberikan dukungan pada kasus bersejarah yang diajukan oleh Afrika Selatan terkait tuduhan genosida oleh Israel terhadap rakyat Palestina. Mereka berkontribusi pada serangkaian video yang diunggah oleh Palestine Festival of Literature.

Dilansir The Hollywood Reporter pada Senin (15/1/2024), video-video tersebut menunjukkan para aktor membacakan bagian penting dari dokumen setebal 84 halaman yang diajukan oleh Afrika Selatan di Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda. Dokumen tersebut menuduh Israel melanggar Konvensi Pencegahan dan Penghukuman Kejahatan Genosida dalam tindakannya selama perang di Gaza melawan kelompok perlawanan Palestina, Hamas.

Baca Juga

Afrika Selatan telah mengajukan kasusnya ke Mahkamah Internasional sebagai badan peradilan tertinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Israel, yang menyangkal tuduhan genosida, akan menyampaikan pembelaannya di Den Haag pada Jumat mendatang.

Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu menggambarkan proses hukum ini sebagai "dunia yang terbalik". Ia justru berdalih bahwa Israel sedang berperang melawan genosida.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Palestine Festival of Literature (@palfest)

Sementara itu, aktris Thelma & Louise Susan Sarandon, bintang serial "Game of Thrones" Charles Dance dan Lena Headey, serta aktris Baby's Day Out Cynthia Nixon termasuk dalam deretan selebritas dunia yang bergabung untuk mendukung langkah Afsel di International Court of Justice (ICJ). Videonya diunggah oleh Palestine Festival of Literature.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement