Ahad 14 Jan 2024 20:00 WIB

10 Tanda Peringatan Kanker Paru, Banyak yang Orang tidak Tahu

Kanker paru juga bisa dialami orang yang tidak merokok.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Rontgen paru. Perubahan pada kuku dapat menjadi salah satu gejala kanker paru.
Foto:

7. Kelelahan

Kanker paru  juga dapat menyebabkan kelelahan, terutama jika kanker tersebut sudah stadium lanjut. Dokter Hansen mengatakan kelelahan yang terkait dengan kanker biasanya lebih intens dibandingkan dengan rasa lelah yang biasa terjadi.

"Kelelahan akibat kanker tidak membaik dengan istirahat,” ujarnya.

8. Suara serak

Jika seseorang memiliki suara serak yang tidak kunjung hilang atau terjadi perubahan signifikan pada suaranya, itu bisa menjadi tanda kanker paru-paru. Menurut dr Hansen, ini sebenarnya bisa disebabkan oleh tumor yang menekan saraf yang mengontrol laring, kotak suara, disebut saraf laring berulang.

9. Kesulitan menelan

Kanker paru-paru terkadang menyebabkan kesulitan menelan, sering kali disertai rasa sakit. Hal ini terjadi jika tumor menekan kerongkongan, yaitu saluran otot yang menghubungkan tenggorokan hingga ke perut.

"Jika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, pembengkakan kelenjar getah bening ini akhirnya menekan kerongkongan,” kata dr Husen.

10. Nafsu makan menurun

Sebagian besar kanker menurunkan nafsu makan. Oleh karena itu menyebabkan penurunan berat badan sekitar 4,5 kilogram atau lebih yang tidak dapat dijelaskan, yang bisa menjadi tanda pertama kanker.

"Tidak terkecuali kanker paru-paru," ujar dr Hansen.

Jika Anda merasa memiliki gejala kanker paru-paru, bicarakan dengan dokter umum Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement