Selasa 09 Jan 2024 00:16 WIB

Film yang Diprediksi Gagal Capai Target pada 2024, Apa Saja?

Ada beberapa film yang diprediksi akan gagal pada 2024 dengan berbagai alasan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Karakter Venom (ilustrasi). Ada beberapa film yang diprediksi gagal mencapai target pada 2024. Salah satunya adalah film Venom 3.
Foto: Sony Pictures via AP
Karakter Venom (ilustrasi). Ada beberapa film yang diprediksi gagal mencapai target pada 2024. Salah satunya adalah film Venom 3.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak judul film menarik yang dinantikan pada 2024 dan diprediksi akan laris. Namun, ada juga beberapa film yang diprediksi akan gagal. Hal itu kemungkinan disebabkan oleh beberapa film yang bersaing dalam jangka waktu periode perilisan yang sama. 

Bisa juga karena potensi berkurangnya minat penonton akibat kegagalan di waralaba atau hal lainnya. Berikut beberapa film yang akan tayang di tahun 2024 namun berpotensi meleset dan gagal mencapai target, dikutip dari laman ScreenRant, Senin (8/1/2024):

Baca Juga

1. Venom 3

Pada 8 November 2024, entri ketiga dan terakhir dalam trilogi Venom dijadwalkan tayang. Film pertamanya yang dibintangi aktor Tom Hardy dirilis pada 2018 dan berhasil menghasilkan 856 juta dolar AS (Rp 13,29 triliun), dengan anggaran 116 juta dolar AS (Rp 1,8 triliun).

Saat sekuel Venom: Let There Be Carnage muncul, perbandingan pendapatan dan anggaran film mengalami penurunan, yakni 506,9 juta dolar AS (Rp 7,8 triliun) dan 110 juta dolar AS (Rp 1,7 triliun). Pendapatan sekuel ketiganya nanti diprediksi akan semakin turun.

2. Kraven the Hunter 

Jadwal rilis Kraven the Hunter sudah ditetapkan, yakni pada 30 Agustus 2024. Sinema ini dimaksudkan sebagai produksi kelima dari Sony's Spider-Man Universe (SSU). Namun, banyak yang memprediksi film akan gagal karena kehadirannya kurang solid.

Sinema ini akan dibintangi oleh Aaron Taylor-Johnson sebagai Kraven, mengeksplorasi misinya untuk menjadi pemburu terhebat di dunia. Film ini sebenarnya cukup diharapkan, tetapi SSU dinilai belum "lepas landas", yang dapat menyebabkan bencana bagi proyek film ini.

3. Alien: Romulus

Waralaba Alien telah berjalan sejak tahun 1979, namun sebagian besar film yang sukses besar datang dari penciptanya, Ridley Scott, atau sutradara legendaris, James Cameron. Jika tidak, penonton agaknya menganggap tayangan di waralaba ini membosankan.

Masalahnya, Alien: Romulus memiliki pemeran dan sutradara baru, dan membawa waralaba Alien ke arah yang baru. Kecuali jika trailernya sangat menjanjikan, film yang akan tayang pada 16 Agustus 2024 ini mungkin akan kesulitan untuk menarik banyak peminat.

4. Kingdom of the Planet of the Apes

Dengan jadwal rilis pada 24 Mei 2024, artinya Kingdom of the Planet of the Apes dirilis bersamaan dengan dua film besar lainnya, yaitu Furiosa: A Mad Max Saga dan Garfield. Dua sinema itu bisa menjadi saingan berat bagi Kingdom of the Planet of the Apes.

Sinema mendatang menjadi angsuran keempat dalam waralaba yang mengalami reboot. Selain itu, entri terakhir, War for the Planet of the Apes, mengalami penurunan pendapatan yang signifikan dibandingkan entri sebelumnya, Dawn of the Planet of the Apes.  

5. Ghostbusters: Frozen Empire

Ghostbusters: Frozen Empire akan melanjutkan cerita setelah Ghostbusters: Afterlife, serta menampilkan pemeran asli bersama para pendatang baru. Afterlife berhasil mendapatkan 200 juta dolar AS (Rp 3,1 triliun) dengan anggaran 75 juta dolar AS (Rp 1,16 triliun).

Akan tetapi, untuk mempertahankan minat pemirsa terhadap waralaba, film mendatang perlu lebih banyak daya tarik. Hal itu mengingat fakta bahwa Ghostbusters: Frozen Empire dirilis pada 29 Maret 2024, berbarengan dengan Kung Fu Panda 4 dan Mickey 17.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement