Sabtu 06 Jan 2024 15:15 WIB

Teman Anak Bawa Pengaruh Buruk, Apa yang Sebaiknya Dilakukan Orang Tua?

Anak bisa terpengaruh oleh perilaku buruk kawannya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Anak-anak sedang bermain. Orang tua dianjurkan untuk memberikan ruang kepada anak agar bisa mencari jalan keluar atas masalah yang timbul dari hubungan pertemanannya.
Foto:

Jangan Kritik Teman Anak dan Orang Tuanya

Sangat mudah bagi orang tua untuk menyalahkan teman anak yang dianggap memberikan pengaruh buruk. Akan tetapi, dorongan seperti ini sebaiknya dikendalikan. Terlebih, orang tua tidak mengetahui cerita keseluruhan mengenai teman anak yang mereka anggap memberikan pengaruh buruk.

"Bersimpatilah kepada orang lain, pahami bahwa mereka juga terdampak oleh banyak kondisi kehidupan, dan tetap kontrol diri Anda," ujar Lockhart.

Menurut Lockhart, orang tua sebaiknya memusatkan fokus mereka kepada anak mereka sendiri. Misalnya, dengan memberikan dukungan dan membantu anak memperbaiki diri.

Jangan Ragu Ambil Tindakan

Orang tua tidak perlu ragu untuk mengambil tindakan bila pengaruh buruk yang didapatkan oleh anak dipicu oleh kekerasan atau perundungan temannya. Dalam situasi seperti ini, orang tua bisa mengambil tindakan tegas, misalnya dengan menghubungi orang tua sang teman yang melakukan perundungan hingga menghubungi pihak sekolah.

Ayah dan ibu juga perlu menunjukkan bahwa sikap tegas yang mereka ambil merupakan bentuk perlindungan untuk sang anak. Orang tua perlu membuat anak mereka menyadari bahwa hubungan pertemanan yang terjalin dengan perundung merupakan hubungan yang tidak sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement