Kamis 04 Jan 2024 12:21 WIB

Penampilan Joy Red Velvet Ketika Manggung di Indonesia Kena Body Shaming, Fans Geram

Joy Red Velvey menjadi sasaran komentar negatif mengenai berat badannya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Joy Red Velvet. Joy Red Velvet menjadi sasaran body shaming atas penampilannya di Jakarta beberapa waktu lalu.
Foto: EPA
Joy Red Velvet. Joy Red Velvet menjadi sasaran body shaming atas penampilannya di Jakarta beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah citra tubuh di industri hiburan adalah persoalan yang terus-menerus terjadi, tak peduli di negara mana pun. Tidak semua figur publik kebal terhadap masalah itu, termasuk idola K-Pop Joy, salah satu anggota girl group Korea Selatan Red Velvet.

Dikutip dari laman Koreaboo, Kamis (4/1/2024), sebuah momen baru-baru ini memicu kemarahan di kalangan penggemar Joy. Tepatnya, saat Joy tiba-tiba membahas topik berat badannya selama interaksi dengan penggemar.  

Baca Juga

Topik itu disampaikan Joy di tengah munculnya banyak komentar yang tidak beralasan mengenai citra tubuh Joy. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan di kalangan penggemar, tentang apakah komentar miring itu berdampak terhadap kondisi psikis Joy.

Terlepas dari bakat dan karismanya yang luar biasa, Joy telah menjadi sasaran komentar negatif mengenai berat badannya. Topik itu muncul kembali setelah penampilan Red Velvet di Konser Festival Lazada di Indonesia pada 13 Desember 2023.

Dalam momen di Indonesia, Red Velvet tampil bersama Key SHINee. Joy tampil cantik dan bersinar dalam busana merah jambu, namun dia tidak terlepas dari kritik. Pada sebuah forum daring, orang-orang bertanya apakah berat badan Joy bertambah terlalu banyak.

Diskusi itu menyertakan tangkapan layar Joy dari acara tersebut, serta mengundang berbagai komentar lainnya soal kondisi fisik Joy. Untungnya, banyak warganet Korea yang mendukung Joy, merujuk pada hiatusnya terkait kesehatan pada awal tahun lalu.

Dukungan itu jelas merupakan teguran terhadap kritik yang tidak beralasan tentang tubuh Joy. Banyak penggemar menyayangkan adanya komentar menghina terhadap Joy hanya karena berat badannya, dan meminta para pencela berhenti mengganggu Joy.

Penggemar internasional juga menyatakan solidaritas mereka, menekankan kecantikan Joy dalam segala hal dan memuji penampilannya yang bersemangat di konser. Namun, banyak penggemar menduga dampak komentar usai acara tersebut dirasakan juga oleh Joy.

Belum lama ini, Joy berinteraksi dengan penggemar di luar gedung SBS. Ketika para penggemar memberi pujian bahwa Joy sangat imut, sang idola menanggapi pujian itu dengan jawaban yang dinilai cukup getir.  

"Aku imut? Tapi berat badanku bertambah. (Itu karena) aku makan dengan baik dan beristirahat dengan baik. Apakah kalian juga makan dengan baik dan beristirahat dengan baik?," kata Joy menanggapi penggemar.

Melalui platform media sosial, para penggemar segera mengungkapkan kemarahan dan kekecewaan mereka terhadap orang-orang yang mengomentari penampilan Joy secara negatif.  Mereka sedih karena sang idola seharusnya tidak perlu merasa demikian tentang dirinya.

Situasi seputar pernyataan Joy tentang berat badannya merupakan pengingat akan dampak buruk dari body shaming dan kritik tiada henti terhadap figur publik. Kalangan awam diharapkan bisa menciptakan lingkungan yang lebih suportif dan sehat sehingga artis dapat berkembang tanpa beban standar yang tidak realistis dan merugikan.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement