Kamis 04 Jan 2024 00:27 WIB

Film Tragedi Pesawat Paling Mendebarkan, Ada yang Diangkat dari Kisah Nyata

Film bertema pesawat bisa hadir dengan genre hingga ide cerita yang bervariasi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Sully: Miracle on the Hudson. Ini menjadi salah satu film berlatar pesawat terbaik yang pernah ada.
Foto: Dok. Warner Bros. Pictures
Salah satu adegan di film Sully: Miracle on the Hudson. Ini menjadi salah satu film berlatar pesawat terbaik yang pernah ada.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terbang dengan pesawat dapat menghadirkan beragam pengalaman yang tak terlupakan. Karena itu, tidak heran bila ada cukup banyak film yang menggunakan situasi penerbangan hingga tragedi pesawat jatuh sebagai fokus cerita.

Meski memiliki latar yang mirip, film-film bertema pesawat bisa hadir dengan genre hingga ide cerita yang sangat bervariasi. Dari beragam judul film bertema pesawat yang ada saat ini, berikut adalah lima rekomendasi di antaranya:

Baca Juga

1. Sully: Miracle on the Hudson (2016)

Film ini bermula ketika Capt Chelsey "Sully" Sullenberger mencoba melakukan pendaratan darurat pada 15 Januari 2009. Pendaratan darurat ini dilakukan di Sungai Hudson, New York, Amerika Serikat.

 

Sully menilai pendaratan darurat harus dilakukan karena mesin pesawat mengalami kerusakan usai menabrak sekawanan angsa. Siapa sangka, keputusan Sully yang berhasil memyelamatkan nyawa penumpang tersebut justru membuat kariernya sebagai pilot terancam.

Film ini diadaptasi dari kisah nyata yang dialami oleh Capt Sully. Film ini digarap oleh sutradara Clint Eastwood serta dibintangi oleh Tom Hanks, Aaron Eckhart, dan Laura Linney.

2. Emergency Declaration (2021)

Film ini berkisah mengenai polisi detektif veteran yang menemukan adanya pesan ancaman teroris pada pesawat dengan nomor penerbangan KI501. Sang detektif juga menemukan bahwa istrinya adalah salah satu penumpang dalam pesawat dengan rute penerbangan dari Korea Selatan menuju Hawaii, Amerika Serikat.

Serangan teroris yang dimaksud ternyata bukanlah serangan senjata api, melainkan senjata biologis berupa virus mematikan yang bisa merenggut nyawa dalam waktu singkat. Kapten hingga awak kabin harus berpacu dengan waktu dan persediaan bahan bakat untuk mengatasi ancaman dan menyelamatkan para penumpang.

Film ini disutradarai oleh Han Jaerim dan dibintangi oleh banyak aktor dan aktris ternama. Beberapa bintang di antaranya merupakan Im Siwan, Lee Byunghun, Kim Namgil, Kang Hosong, Seol Inah, dan Jeon Doyeon.

3. Generasi 90an: Melankolia (2020)

Film bergenre drama ini mengisahkan pergelutan Abby dan keluarga yang harus kehilangan kakaknya, Indah, dalam sebuah kecelakaan pesawat. Di saat hidupnya terasa hampa dan tak ada semangat, Abby bertemu dengan Sephia yang merupakan sahabat kakaknya. Namun tanpa diduga, Abby dan Sephia harus melalui lika-liku yang panjang untuk bisa mengikhlaskan rasa kehilangan yang selama ini membelenggu mereka. 

Film ini disutradarai M Irfan Ramli. Sejumlah bintang seperti Ari Irham, Jennifer Coppen, Marcella Zalianty, Aghniny Haque, dan Taskya Namya turut mendukung film ini lewat kep8awaian akting mereka.

4. Airport '77 (1977)

Film ini berkisah mengenai pembajakan sebuah jet pribadi milik sosok VIP nan kaya raya. Pesawat tersebut membawa sejumlah koleksi seni yang bernilai sangat tinggi.

Para pembajak memaksa piloy untuk terbang dengan ketinggian yang rendah agar terhindar dari deteksi radar. Namun, hal tersebut justru membuat pesawat menabrak pertambangan minyak dan terjatuh ke lautan. Di saat pesawat mulai tenggelam, semua orang yang selamat harus menghadapi mimpi buruk yang tak terduga demi bertahan hidup.

Film ini digarap oleh sutradara Jerry Jameson. Selain itu, film ini turut dibintangi oleh Jack Lemmon, James Stewart, Lee Grant, hingga George Kennedy.

5. Red Eye (2005)

Seorang manajer hotel bernama Lisa secara tak terduga duduk bersebelahan di dalam pesawat dengan seorang pria tampan yang dia temui di bandara. Alih-alih dapat menjalin hubungan yang baik dengan pria bernama Jack Rippner tersebut, Lisa justru menjadi "tawanan".

Rippner meminta Lisa untuk memindahkan kamar seorang politisi Amerika yang menginap di hotel tempat Lisa bekerja ke sebuah kamar yang diinginkan Rippner. Permintaan ini diajukan oleh Rippner demi melancarkan serangan teroris terhadap sang politisi. Bila menolak, ayah Lisa akan dihabisi oleh pembunuh bayaran.

Meski sebagian besar adegan diambil di dalam pesawat, film ini mampu menghadirkan tontonan yang menegangkan. Film ini disutradarai oleh Wes Craven juga dibintangi oleh Rachel McAdams, Cillian Murphy, Brian Cox, dan Robert Yeoman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement