Selasa 02 Jan 2024 18:49 WIB

Sekuel Film Ini Diprediksi Kesulitan Melampaui Kesuksesan Sinema Pendahulunya

Perlu upaya lebih agar sekuel film dapat melampaui film pendahulunya.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Film Avatar. Beberapa film sekuel berjuang lebih untuk mendapatkan pendapatan besar dari pendahulunya.
Foto: Disney
Film Avatar. Beberapa film sekuel berjuang lebih untuk mendapatkan pendapatan besar dari pendahulunya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membangun waralaba dengan melanjutkan sekuel dari sebuah sinema yang sukses kerap menjadi strategi dari rumah produksi. Namun, ada sejumlah film yang sangat sukses dengan pendapatan tinggi sehingga sekuelnya diprediksi sukar melampaui itu.

Perlu upaya lebih dari pihak studio agar sekuel dari sebuah film yang sukses besar dapat melebihi pendapatan film pendahulunya, bahkan untuk sekadar menyamainya. Berikut sejumlah sekuel yang dikhawatirkan kritikus dan penggemar, dikutip dari laman ScreenRant, Selasa (2/1/2024). 

1. Avatar 3

Mengingat Avatar: The Way of Water meraup pendapatan 2,32 miliar dolar AS (sekitar Rp 35,9 triliun), wajar bila Avatar 3 yang belum memiliki judul resmi diprediksi tak akan mampu mengungguli pendahulunya. Ada kemungkinan minat penonton mungkin akan memudar.  

2. Spider-Man 4

Secara keseluruhan, film-film Spider-Man selalu sukses. Namun, kecuali Spider-Man 4 akan menawarkan sesuatu yang benar-benar istimewa, sulit membayangkannya mendekati kesuksesan Spider-Man: No Way Home dengan pendapatan 1,9 miliar dolar AS (Rp 29,4 triliun). 

3. Avengers 5

Sekuel Avengers berikutnya, yang sementara berjudul Avengers: The Kang Dynasty, akan menghadapi tantangan besar. Banyak pihak menganggap film itu mustahil bisa sesukses Avengers: Endgame dengan pendapatan 2,8 miliar dolar AS (Rp 43,3 triliun).

4. Mufasa: The Lion King

Film live-action ini dijadwalkan rilis pada 2024, menjadi prekuel dari The Lion King. Tahun 2019 lalu, The Lion King sukses dengan 1,66 miliar dolar AS (Rp 25,69 triliun) karena membuat penyuka film animasinya bernostalgia. Belum tentu penggemar kembali tertarik untuk prekuel nanti.

5. Fast And Furious 11

Judul film dalam waralaba Fast & Furious yang pendapatannya paling tinggi adalah angsuran ketujuh dan kedelapan. Setelah itu, peminatnya menurun. Film ke-10, Fast X, menghasilkan 714 juta dolar AS (Rp 11,05 triliun), dan film berikutnya diperkirakan tidak melebihi angka itu.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement