Sabtu 30 Dec 2023 20:02 WIB

Tanda Katup Jantung Bermasalah Bisa Terlihat di Leher, Seperti Apa Penampakannya?

Ada sejumlah tanda yang bisa terlihat saat katup jantung seseorang bermasalah.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Kulit leher (ilustrasi). Penampakan arteri berdenyut di leher dapat menjadi pertanda buruk.
Foto: www.freepik.com.
Kulit leher (ilustrasi). Penampakan arteri berdenyut di leher dapat menjadi pertanda buruk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang dokter medis darurat, Joe, memberikan peringatan serius terkait tanda-tanda kritis yang bisa muncul di leher. Dokter Joe menyebut sinyal bahaya itu bisa menjadi pertanda bahwa seseorang memerlukan penggantian katup jantung.

"Jika Anda melihat sesuatu seperti ini di leher Anda, itu pertanda buruk," kata dr Joe melalui akun TikTok-nya, dilansir Express, Sabtu (30/12/2023).

Baca Juga

Dalam video informatifnya, dr Joe menunjukkan penampakan arteri berdenyut di leher, yang dapat menjadi pertanda buruk. Arteri yang tampak berdenyut ini dikenal sebagai arteri karotis yang keluar dari leher.

"Itu adalah arteri karotis yang keluar dari leher," ujar dia.

Sensasi seperti itu di leher dikenal sebagai tanda Corrigan atau denyut nadi palu air. Tanda bahaya ini mengindikasikan regurgitasi aorta yang parah.

"(Regurgitasi aorta yang parah) berarti ketika darah meninggalkan jantung, darah kemudian mengalir kembali melalui katup aorta, tempat darah tidak seharusnya kembali ke jantung Anda," kata dr Joe.

Mayo Clinic menjelaskan kondisi ini mengacu pada jenis penyakit katup jantung. Karena katup antara ruang jantung kiri bawah dan arteri utama tubuh tidak menutup rapat, sebagian darah yang dipompa keluar dari ruang utama jantung bocor ke belakang.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement