Kamis 28 Dec 2023 15:12 WIB

Area Mainan Anak Netral Gender Wajib Ada di Toko California, Kritikus Teriak

Toko akan didenda jika tidak menyediakan area mainan netral gender.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Toko mainan anak (Ilustrasi). Kewajiban mengadakan area mainan netral gender dinilai bertentangan dengan sistem kepercayaan pebisnis Muslim.
Foto:

Undang-undang tersebut disebut bertujuan menghilangkan diskriminasi gender dan stereotip tentang mainan anak laki-laki dan perempuan. Para pendukung undang-undang ini, diwakili oleh anggota parlemen dari Partai Demokrat, Evan Low, menyatakan bahwa langkah ini bertujuan menghilangkan diskriminasi gender dan stereotip dalam mainan anak-anak.

Low berharap undang-undang ini mendorong bisnis di California untuk menghindari penguatan stereotip gender yang dianggapnya merugikan. Pelanggaran undang-undang setelah 1 Januari 2024 dapat mengakibatkan denda perdata antara 250 dolar AS (sekitar Rp 3,8 juta) hingga 500 dolar AS untuk setiap pelanggaran berikutnya, yang dapat ditegakkan melalui tindakan hukum oleh jaksa agung negara bagian, jaksa wilayah, atau jaksa kota.

RUU ini muncul di tengah kontroversi terkait toko-toko yang mendukung barang-barang transgender. Sejumlah perusahaan seperti Target yang menyediakan pakaian renang yang ramah bagi transgender untuk menyembunyikan alat kelamin mereka, serta kemitraan Bud Light dengan aktivis transgender Dylan Mulvaney juga menjadi sorotan di kalangan kaum konservatif yang memboikot produk-produk tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement