Senin 25 Dec 2023 20:07 WIB

Bibir Berubah Gelap? Ini Cara Mengembalikannya ke Warna Asli

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan di rumah untuk menghilangkan bibir gelap.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Tips mencerahkan bibir yang warnanya berubah jadi gelap (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Tips mencerahkan bibir yang warnanya berubah jadi gelap (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menggelapnya warna bibir merupakan masalah yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Kabar baiknya, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan di rumah untuk mengembalikan kecerahan warna bibir yang menggelap.

Warna bibir yang menggelap umumnya bukan kondisi yang membahayakan. Biasanya, kondisi ini dipengaruhi oleh gaya hidup, seperti paparan sinar matahari yang berlebih, kurang hidrasi, merokok, hingga reaksi alergi terhadap lipstik atau pasta gigi, seperti dilansir Healthline pada Senin (25/12/2023).

Baca Juga

Selain memperbaiki gaya hidup, ada sejumlah cara alami yang juga bisa dilakukan untuk mencerahkan warna bibir. Berikut ini adalah cara-cara alami yang bisa dilakukan di rumah untuk meningkatkan kecerahan bibir, seperti dilansir Times of India.

1. Scrub bibir

Lakukan eksfoliasi yang lembut pada bibir untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Eksfoliasi atau scrub bibir bisa dilakukan dengan menggunakan produk yang beredar di pasaran, atau membuat scrub sendiri.

Bila ingin membuat scrub sendiri, coba campurkan minyak kelapa, gula, dan madu. Setelah itu, usap area bibir dengan campuran scrub alami ini, lalu bilas dengan air hangat.

2. Lemon juice

Aplikasikan sari lemon segar ke area bibir dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih. Akan tetapi, cara ini sebaiknya tidak dicoba oleh orang-orang dengan kulit sensitif.

3. Irisan mentimun

Letakkan irisan mentimun yang tipis di atas bibir lalu biarkan selama sekitar 15 menit. Mentimun memiliki efek menyejukkan yang bisa dapat membuat pigmentasi gelap menjadi lebih terang.

4. Minyak almond

Minyak almond bisa diaplikasikan pada bibir secara rutin. Kandungan vitamin yang tinggi dalam minyak almond bisa membantu mencerahkan pigmentasi gelap bibir.

5. Gel Aloe Vera

Aloe vera dikenal dapat membantu memperbaiki kulit. Untuk mencerahkan bibir, coba aplikasikan sedikit gel aloe vera pada bibir, biarkan sekitar 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Air mawar

Tuangkan air mawar ke kapas, lalu tepuk-tepuk kapas tersebut pada bibir. Air mawar memiliki efek mencerahkan sekaligus menenangkan dan menghidrasi bibir.

7. Balm akar bit

Balm akar bit bisa dibuat dengan mudah di rumah menggunakan minyak kelapa dan sari akar bit. Campurkan keduanya lalu oleskan di bibir untuk melembapkan dan memberikan sedikit sentuhan warna.

8. Minyak kelapa

Warna bibir yang menggelap juga bisa dicerahkan dengan pelembap alami seperti minyak kelapa. Aplikasikan minyak kelapa secukupnya pada bibir sebelum tidur dan biarkan tetap di bibir sepanjang malam.

9. SPF

Gunakan lip balm dengan SPF yang bisa memberikan perlindungan pada bibir dari paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa membuat warna bibir menjadi lebih gelap.

10. Cukup air

Tak jarang, warna bibir yang menggelap disebabkan oleh kurang hidrasi. Oleh karena itu, jaga asupan air minum yang cukup untuk membantu menjaga hidrasi bibir sepanjang hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement