Jumat 22 Dec 2023 17:31 WIB

Pemasaran Susu Formula Jadi Tantangan Turunkan Stunting dan Kampanye Pemberian ASI

Kode tentang Pemasaran Produk Pengganti ASI perlu diperkuat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu memegang botol air susu ibu (ASI) dan alat pemerah ASI. Promosi susu formula menghambat kampanye pemberian ASI.
Foto:

Laman PelanggaranKode.org berupaya menegakkan aturan tersebut melalui edukasi publik, pelaporan pelanggaran, dan kerjasama dengan Kementerian Kesehatan. Sejak 2021 hingga pertengahan Desember 2023, PelanggaranKode.org telah menerima lebih dari 1.300 laporan pelanggaran kode, baik melalui internet maupun noninternet.

Irma menjelaskan bahwa laporan yang diverifikasi mencapai lebih dari 1.200. Semuanya dapat dilihat secara terperinci di situs web mereka.

Irma juga menyoroti dampak negatif dari praktik pemasaran susu formula yang tidak etis pada ibu dan anak. Dia mengungkapkan bahwa pelanggaran sering terjadi melalui pesan pribadi, SMS, atau media sosial, dan fasilitas kesehatan juga terlibat dalam membagikan produk susu formula secara tidak bertanggung jawab.

 

Melalui kampanye PelanggaranKode.org, Irma berharap dapat memberikan bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung perubahan kebijakan publik yang lebih melindungi menyusui dari promosi produk susu formula yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, dia mengajak para ibu, petugas kesehatan, dan fasilitas kesehatan untuk bersama-sama melawan dampak negatif industri susu formula dan menjaga kesehatan anak-anak Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement