Ahad 17 Dec 2023 16:05 WIB

Alami Birthday Blues, Ini Cara Ampuh Menghindarinya Agar Ulang Tahun Anda 'Bermakna'

Birthday blues adalah perasaan sedih yang dialami seseorang saat hari ulang tahunnya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang wanita mengalami birthday blues. (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah birthday blues.
Foto: Dok. Freepik
Seorang wanita mengalami birthday blues. (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah birthday blues.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak semua orang bahagia menyambut hari ulang tahunnya. Ada orang-orang yang justru sedih pada hari lahirnya, di antaranya karena mengalami birthday blues.

Tidak apa-apa menjadi sedih, asalkan Anda harus mengelola kesedihan pada hari ulang tahun dimulai dari kesadaran diri. Jika mengalami rasa tidak nyaman menjelang ulang tahun, Anda bisa mengambil tindakan tertentu untuk menjadikan pengalaman ulang tahun yang lebih baik. 

Baca Juga

Birthday blues bukan hal aneh, namun orang-orang merasa bingung ketika hal itu terjadi karena mereka mengasosiasikan ulang tahun dengan perayaan dan kebahagiaan. Dilansir Choosing Therapy, ada delapan cara yang dapat diterapkan untuk membantu meringankan kesedihan saat ulang tahun:

1. Izinkan hati untuk merasakan semua emosi

Anda perlu melakukan ini tanpa menghakimi atau mengkritik diri sendiri. Ada banyak perasaan, kenangan, dan harapan yang berhubungan dengan ulang tahun, katakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak salah merasakannya. Pendekatan ini dapat membantu mengurangi stres dan menghambat sikap menyalahkan diri sendiri.

2. Identifikasi penyebab rasa sedih

Apakah tidak ada keluarga yang menemani? Apakah tidak tahu cara merayakannya? Atau mendengar kabar negatif? Setelah memiliki pemahaman yang baik tentang hal tersebut, kembangkan rencana tindakan. Jika karena tidak ada keluarga yang menemani, maka hubungi lah keluarga. Memahami sumber perasaan dapat membantu mengatur intensitasnya. 

3. Susun ulang pikiran

Daripada memikirkan hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana, tanyakan pada diri pertanyaan-pertanyaan berbeda. Tantangan apa yang Anda temui dan berhasil kita atasi? Pelajaran hidup apa yang Anda pelajari setahun terakhir ini? Apakah Anda bertemu orang baru atau membangun hubungan yang sudah ada? Hal baru apa yang Anda pelajari tentang diri Anda yang membuat merasa baik? Jawabannya mungkin mengungkap pencapaian yang selama ini kita anggap remeh.

4. Memasukkan pikiran positif tentang penuaan

Rangkul penuaan secara positif dengan melihat bagaimana bertambahnya usia bisa menjadi waktu yang bermanfaat. Akui bahwa penuaan adalah hal yang normal. Rangkul perubahan. Peduli kebutuhan fisik, emosional, kognitif, spiritual, dan sosial, seiring bertambahnya usia.

5. Rayakan ulang tahun dengan nyaman

Jika tidak suka menjadi pusat perhatian, jangan mengadakan perayaan ulang tahun yang besar. Siapa orang yang paling membuat Anda nyaman? Kelilingi diri Anda dengan orang-orang itu. Jika Anda mengatur hari ulang tahun dengan cara yang membuat merasa baik, hal itu akan meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

6. Rencanakan perayaan ulang tahun

Jangan menunggu sampai hari ulang tahun untuk memutuskan apa yang harus dilakukan, terutama jika ingin mengundang orang untuk berbagi. Beri mereka undangan dengan banyak pemberitahuan. Jika Anda tidak tahu ke mana harus pergi, pilih restoran favorit dan buat reservasi. Beri diri Anda waktu untuk membuat rencana ke depan sehingga pada hari ulang tahun, Anda tahu apa yang akan dilakukan dan dengan siapa.

7. Jadikan ulang tahun spesial untuk diri sendiri

Tanyakan pada diri Anda, apa yang membuat bahagia. Manjakan diri dengan sesuatu yang istimewa yang Anda tahu akan menimbulkan rasa nyaman. Aktivitas yang menciptakan makna khusus, akan membantu Anda merasa nyaman dengan diri sendiri dan meningkatkan perasaan kasih sayang pada diri sendiri.

8. Latih rasa kasihan pada diri sendiri

Tunjukkan pada diri Anda tentang kasih sayang pada diri terlepas dari apa yang dirasakan atau bagaimana hari Anda berjalan. Jangan terlibat dalam kritik diri. Jika mendapati pikiran bergerak seperti itu, praktikkan pengalihan dan ubah pemikiran menjadi kualitas yang akan membuat kita merasa nyaman dengan diri kita sendiri. Jika gejala birthday blues (mudah tersinggung, energi rendah, kesedihan, putus asa, ketidakmampuan berkonsentrasi, keinginan menyakiti diri sendiri) tetap ada selama lebih dari dua pekan, segera cari bantuan dari ahli kesehatan mental.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement