Ahad 17 Dec 2023 11:33 WIB

Sedih Ketika Ulang Tahun? Mungkin Anda Kena Birthday Blues, Ini Gejala dan Penyebabnya

Orang-orang yang mengalami birthday blues justru merasakan sedih saat ulang tahun.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Birthday blues (ilustrasi). Jika merasa sedih ketika ulang tahun, mungkin anda mengalami birthday blues. Ada beberapa gejala dan penyebab baby blues.
Foto: Dok. Freepik
Birthday blues (ilustrasi). Jika merasa sedih ketika ulang tahun, mungkin anda mengalami birthday blues. Ada beberapa gejala dan penyebab baby blues.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak semua orang menyukai momen ulang tahun. Ada orang-orang yang justru merasa ulang tahun terasa menyedihkan hingga depresi karena berbagai hal. 

Mereka mungkin mengalami serangkaian gejala termasuk depresi, apatis, atau kecemasan. Seiring bertambahnya usia, perasaan tertekan menjelang ulang tahun yang semakin dekat adalah hal biasa. Namun, mengalami birthday blues, berbeda dengan depresi dan gejala yang menyertainya.

Baca Juga

Mungkin ada kesedihan terkait ulang tahun sesaat sebelum atau segera setelah ulang tahun, namun penting untuk membedakan depresi dan kesedihan. Banyak orang yang merasa sedih pada hari ulang tahunnya namun bukanl depresi. Depresi adalah kondisi kesehatan mental yang merusak, sedangkan kesedihan adalah bagian alami dari kehidupan seperti halnya kebahagiaan.

Dilansir Choosing Therapy, gejala birthday blues adalah sebagai berikut:

• Menjadi lelah dan tidak bersemangat pada hari-hari menjelang ulang tahun

• Kesedihan yang sepertinya tidak bisa hilang

• Kecemasan bahwa segala sesuatunya tidak berjalan sesuai harapan

• Paranoia atau kecemasan ringan sebelum dan pada hari ulang tahun

• Paranoia atau kecemasan ringan sebelum dan pada hari ulang tahun

• Rasa percaya diri dan harga diri yang rendah

• Keinginan untuk menyendiri

• Merenungkan keputusan masa lalu

• Emosi yang meningkat dan rapuh di sekitar dan pada hari ulang tahun

• Sering menangis berhubungan dengan perasaan tentang hari ulang tahun

• Beberapa orang mungkin memiliki keinginan untuk bunuh diri

• Kekecewaan karena segala sesuatunya tidak berjalan sesuai harapan

• Kesulitan tidur

• Kesulitan fokus atau berkonsentrasi

• Ketakutan akan penuaan dan kematian

Peristiwa penting dalam hidup dapat memicu emosi seperti stres, kecemasan, atau kesedihan. Ulang tahun juga menyebabkan orang merenungkan ekspektasi diri.

Jadi tidak mengherankan jika orang mempertanyakan alasan mereka yang tidak memiliki keinginan untuk merayakan ulang tahun. Lantas apa saja yang menjadi penyebab birthday blues? Ada delapan penyebab potensial penyebab birthday blues:

1. Takut menjadi tua

Hal ini terutama berlaku untuk ulang tahun penting seperti 50, 60, dan 70 ketika orang mulai memikirkan tentang kematian. Seiring bertambahnya usia, mereka mungkin mengalami perubahan medis atau kognitif yang memengaruhi fungsi tubuh. Mereka mungkin memperhatikan juga perubahan pada penglihatan atau pendengaran. Hal ini dapat menimbulkan perasaan cemas, takut, atau sedih.

2. Riwayat negatif saat ulang tahun

Ulang tahun membangkitkan kenangan tentang bagaimana ulang tahun yang sebelumnya dirayakan. Menghidupkan kembali trauma dan kenangan masa kecil dapat menyebabkan kesedihan, kemarahan, depresi, atau kecemasan.

3. Tidak memenuhi pencapaian "standar masyarakat"

Contoh pencapaian ini termasuk menikah, memiliki anak, atau memiliki karier yang sukses. Jika tidak memenuhi tonggak sejarah tersebut, maka hal itu dapat menimbulkan kritik diri.

4. Takut mengalami ageisme

Ageisme mencakup ketika generasi muda memandang orang yang lebih tua berbeda dari dirinya, sehingga tidak lagi mengidentifikasi diri mereka sama sekali. Ketakutan akan masalah ketergantungan atau kemandirian mungkin mulai muncul. Juga pertanyaan tentang bagaimana kita menua, akan menjadi lebih relevan.

5. Takut akan perubahan

Meskipun kita tidak bisa berhenti bertambah tua, terkadang kita merasa takut akan perubahan. Kita secara alami cenderung khawatir tentang hal-hal yang mewakili ketidakpastian, mendorong kita keluar dari zona nyaman, atau berada di luar kendali kita. 

6. Krisis paruh baya

Selain berpotensi menyebabkan birthday blues, krisis paruh baya juga dapat membuat kita mempertanyakan identitas dan prioritas kita. Meskipun banyak orang menganggap hal ini sebagai masalah utama laki-laki, krisis paruh baya yang dialami perempuan juga merupakan hal yang nyata, meskipun jarang dibicarakan.

7. Isolasi

Tidak memiliki teman atau keluarga untuk berbagi hari ulang tahun bisa terasa sangat menyedihkan. Isolasi dan kesepian menimbulkan perasaan sedih dan duka. Harga diri yang rendah bisa menjadi masalah dalam hal ini.

8. Harapan yang tidak tidak terpenuhi

Menjelang hari ulang tahun, khususnya ulang tahun bersejarah, kita mungkin mempunyai ekspektasi khusus. Jika harapan tersebut tidak terpenuhi, akan timbul perasaan marah, sedih, dan kecewa.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement