Jumat 08 Dec 2023 00:11 WIB

Jakarta Concert Orchestra Gelar Konser ‘An Anime Symphony’, Hadirkan 25 OST Anime

Konser klasik anime ini akan digelar 9 Desember di TIM, Jakarta.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Direktur Musik dan Konduktor JCO Avip Priatna (tengah kiri) dan penyanyi Pepita Salim (tengah kanan).
Foto: Republika/Meiliza laveda
Direktur Musik dan Konduktor JCO Avip Priatna (tengah kiri) dan penyanyi Pepita Salim (tengah kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta Concert Orchestra (JCO) akan menggelar konser anime perdana yang bertajuk "An Anime Symphony" pada Sabtu (9/12/2023) di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM). Tiket sudah terjual habis sebanyak 2.000 pada 9 November dan 14 November.

Pertunjukan tersebut akan digelar dua kali pada pukul 15.30 WIB dan 19.30 WIB. Direktur Musik dan Konduktor JCO Avip Priatna mengatakan dua sesi pertunjukan bukan hanya untuk merangkul beragam penonton, tetapi juga memberikan peluang lebih banyak penggemar untuk menikmat harmoni yang menggabungkan keindahan musik klasik dengan tema-tema ikonik dari dunia anime. Dia juga kagum atas respons yang sangat positif terhadap konser perdana anime ini.

Baca Juga

"Saya cukup terkejut melihat antusiasme penonton terhadap konser ini, terutama karena ini kali pertama JCO mengangkat tema Anime. Respons positif ini memberikan semangat dan motivasi bagi kami untuk terus memberikan pengalaman musikal yang inovatif dan mendalam," kata Avip, Kamis (7/12/2023).

Avip dan timnya melakukan latihan intensif agar dapat memberikan penampilan terbaik. Pemilihan lagu pun dia kurasi dengan seksama agar penonton bisa menikmati pertunjukan.

 

JCO juga menghadirkan Pepita Salim, seorang penyanyi Indonesia muda berbakat, untuk tampil pada konser ini. Pepita merupakan seorang penyanyi sopran yang terlatih secara klasik dan pernah memenangkan penghargaan Tony Awards dan The King and I.

Dia merasa sangat terhormat dapat kembali berkolaborasi dengan JCO dan rekan penyanyi lainnya dalam konser "An Anime Symphony". "Dengan tema yang diangkat adalah anime, pengalaman kolaborasi menjadi sangat berbeda. Sambutan luar biasa dari masyarakat terhadap konser ini memberikan motivasi dan tantangan tersendiri bagi saya," ujarnya.

Pada konser kali ini, ada 25 lagu dari berbagai soundtrack film dan serial anime ikonik yang dibawakan. Di antaranya adalah karya Studio Ghibli dalam film The Boy and the Heron, Nausicaa of the Valley of the Wind, Howl's Moving Castle, Spirited Away, dan ada Kiki's Delivery Service. Lalu, "Moonlight Densetsu" dari serial "Sailor Moon", "We Are!" dari serial "One Piece", "Detective Conan Main Theme" dari serial "Detective Conan", "Doraemon no Uta" dari series “Doraemon”, dan masih banyak lagi.

Selain Pepita, JOC juga membawakan Farman Purnama, Stefani Yang, Batavia Madrigal Singer (BMS), dan The Resonanz Children Choir (TRCC). “Sudah lama saya merencanakan agar tema anime bisa dihadirkan dalam harmoni orkestra. Sejak awal, kami konsisten untuk terus mengangkat tema musikalitas yang beragam agar musik orkestra tidak terus terkesan kaku. Saya berharap konser ini dapat menginspirasi generasi muda bahwa musik orkestra juga mampu membawakan musik-musik beragam dari berbagai genre dan tema," ucap Avip. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement