Selasa 05 Dec 2023 11:44 WIB

Film Tahun Ini yang Diprediksi Jadi Film Terbaik Oscar 2024

Ada 2 film yang diprediksi paling kuat memenangkan nominasi Film Terbaik Oscar 2024.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. Film Oppenheimer diprediksi menjadi salah satu sinema terbaik untuk penghargaan Oscar 2024.
Foto: Dok Universal Pictures
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. Film Oppenheimer diprediksi menjadi salah satu sinema terbaik untuk penghargaan Oscar 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompetisi film paling bergengsi di dunia Oscar 2024 semakin memanas. Hal ini seiring dengan semakin banyaknya film yang berharap dapat bersaing untuk nominasi Best Picture (Film Terbaik).

Prediksi untuk Best Picture telah lama memasukkan beberapa judul terdepan di antara nominasi Oscar 2024 yang diharapkan, seperti Oppenheimer karya Christopher Nolan dan Killers of the Flower Moon karya Martin Scorsese dan hal itu tidak berubah setelah dirilis. Berikut ini beberapa film yang diprediksi masuk dalam nominasi film terbaik Oscar dan menjadi unggulan, seperti dilansir laman Screen Rant pada Senin (4/12/2023):

Baca Juga

1. Oppenheimer

photo
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. - (Dok Universal Pictures)

 

 

"Oppenheimer menjadi pemenang Best Picture Oscar 2024" tampaknya menjadi hasil yang paling mungkin terjadi saat ini. Film biografi karya Christopher Nolan tentang J Robert Oppenheimer bisa dibilang merupakan film terbaiknya hingga saat ini. Oppenheimer dijamin setidaknya termasuk di antara daftar nominasi yang diumumkan pada Januari 2024. 

2. Killers of the Flower Moon 

Penayangan perdana film Killers of the Flower Moon di Cannes menghasilkan tanggapan meriah yang menyatakan kisah nyata sebagai mahakarya Scorsese terbaru. Hal tersebut menjadikan ketiga pemeran utamanya dipandang sebagai kunci untuk nominasi Oscar mereka sendiri. Sejarah nominasi Oscar Martin Scorsese sangat penting, karena ia memiliki sembilan film yang dinominasikan dalam kategori terbesar, namun hanya The Departed yang menang. 

3. Barbie

photo
Salah satu adegan di film Barbie (2023). - (Dok Warner Bros. Pictures)

 Kesuksesan Barbie secara keseluruhan diperkirakan akan menghasilkan nominasi Best Picture Oscar 2024. Film ini melampaui semua ekspektasi box office dalam perjalanannya menjadi film terbesar tahun ini, dan kini berada di jalur yang tepat untuk melanjutkan pencapaian Oscar Greta Gerwig. 

4. Poor Things

photo
Salah satu adegan di film Poor Things. - (Dok. Searchlight Pictures)

 

Yorgos Lanthimos dan Emma Stone kembali bekerja sama untuk menciptakan salah satu pesaing terbesar untuk memenangkan Film Terbaik Oscar 2024. Menyusul kesuksesan bersama mereka dengan The Favorite pada tahun 2018, Poor Things telah dipuji karena kreativitas dan keunikannya sejak ditayangkan perdana di Venesia, di mana film tersebut memenangkan penghargaan bergengsi Golden Lion. 

5. Maestro

photo
Salah satu adegan di film Maestro. - (Dok. Netflix)

 

Sekitar lima tahun setelah A Star Is Born menerima nominasi Film Terbaik, film biografi Bradley Cooper tentang komposer legendaris Leonard Bernstein siap mengulangi kesuksesan penghargaan debut penyutradaraannya. 

Selain kelima film tersebut, ada juga beberapa film lain yang diprediksi kuat menjadi film terbaik. Judul-judul tersebut yakni The Holdovers, The Zone of InterestAmerican FictionOrigin, dan May December.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement