Ahad 03 Dec 2023 11:44 WIB

The Weeknd Salurkan 4 Juta Makanan Darurat ke Gaza Melalui Dana Kemanusiaan XO

Donasi senilai 2,5 juta dolar AS itu termasuk pengiriman 820 metrik ton paket makanan

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Penyanyi The Weeknd alias Abel Tesfaye
Foto: Tangkapan layar Instagram @theweeknd
Penyanyi The Weeknd alias Abel Tesfaye

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Program Pangan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (WFP), The Weeknd (Abel Tesfaye) mengumumkan sumbangan senilai 2,5 juta dolar AS (sekitar Rp 38,5 miliar) dari Dana Kemanusiaan XO miliknya untuk mendukung respons kemanusiaan WFP di Gaza.

Donasi ini setara dengan empat juta makanan darurat, dan akan membiayai pengiriman 820 metrik ton paket makanan. Donasi ini cukup untuk memberi makan lebih dari 173 ribu warga Palestina selama dua minggu.

Baca Juga

Konflik di Gaza telah menciptakan bencana kemanusiaan yang mendalam. WFP bekerja tanpa henti untuk memberikan bantuan. Sumbangan yang signifikan dari Abel Tesfaye akan membantu menanggulangi tingkat kelaparan yang sangat mengkhawatirkan.

Direktur WFP untuk Kawasan Timur Tengah, Afrika Utara, dan Eropa Timur, Corinne Fleischer, menyatakan bahwa tim mereka memerlukan akses kemanusiaan yang aman dan dukungan berkelanjutan dari para donor untuk membantu sebanyak mungkin orang. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada The Weeknd atas kontribusi berharganya dan berharap orang lain akan mengikuti teladannya untuk mendukung upaya WFP.

 

“WFP bekerja sepanjang waktu untuk memberikan bantuan di Gaza, tapi butuh lebih banyak dukungan untuk mengatasi tingkat kelaparan yang kita lihat,” kata Fleischer, dilansir Billboard, Ahad (3/12/2023).

Sumbangan Abel Tesfaye datang pada saat kritis dalam upaya WFP memberi makan lebih dari satu juta warga Gaza yang menghadapi kelaparan, setelah serangan Israel. WFP mencatat bahwa gencatan senjata selama seminggu terakhir membantu mereka menjangkau lebih dari 121 ribu orang di Gaza dengan menyediakan berbagai bahan makanan yang sangat dibutuhkan.

The Weeknd, yang ditunjuk sebagai Duta Niat Baik pada Oktober 2021, telah secara pribadi mendukung misi bantuan kelaparan global WFP dengan total sumbangan mencapai 1,8 juta dolar AS (sekitar Rp 27,7 miliar). Selain itu, dia berkomitmen untuk mendedikasikan setara dengan 1 dolar AS (sekitar Rp 15.400) per tiket konser yang terjual pada 2024 dari tur global After Hours 'til Dawn ke XO Humanitarian Fund. Tindakan ini menunjukkan dukungan berkelanjutan dari The Weeknd terhadap upaya kemanusiaan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement