Rabu 29 Nov 2023 22:20 WIB

Duta Persahabatan UNAIDS: Anak yang Hidup dengan HIV Perlu Dukungan Komprehensif

Di Indonesia, 39 persen dari total estimasi orang dengan HIV ialah perempuan & anak.

Anak sakit (ilustrasi). Anak-anak yang hidup dengan human immunodeficiency virus (HIV) membutuhkan dukungan yang komprehensif.
Foto:

Atiqah mendorong semua pihak, termasuk komunitas, sektor swasta, akademisi, media, dan pemerintah untuk bersatu dalam mendukung isu perempuan dan anak dengan HIV. Melalui Aliansi Nasional untuk Anak dengan HIV, artis peran itu mengajak semua pihak untuk berkolaborasi demi melindungi dan mendukung kelompok perempuan dan anak.

Di Indonesia, sebanyak 39 persen dari total estimasi orang yang hidup dengan HIV adalah kelompok perempuan dan anak. Sementara hanya 18 persen ibu hamil dengan HIV positif yang menjalani pengobatan ARV.

Dengan angka tersebut, Indonesia menjadi salah satu negara dengan cakupan ARV terendah untuk ibu hamil di Asia-Pasifik. Oleh karena itu, UNAIDS bekerja sama organisasi komunitas seperti Lentera Anak Pelangi, Ikatan Perempuan Positif Indonesia, Jaringan Indonesia Positif dan Yayasan Pelita Ilmu meninisiasi pembentukan Aliansi Nasional untuk Anak dengan HIV.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement