Selasa 28 Nov 2023 16:16 WIB

Woohyun Infinite Berbagi Cerita Perjuangan Melawan Kanker Langka Sebelum Comeback Solonya

Woohyun siap melakukan comeback dengan album pertamanya Whitree.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Woohyun INFINITE.
Foto: Instagram Woohyun
Woohyun INFINITE.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Idola generasi kedua yang dikenal di panggung K-pop, Woohyun dari Infinite, baru-baru ini mengungkapkan perjuangannya melawan penyakit kanker langka. Dalam wawancara menjelang comeback solonya, Woohyun membagikan bahwa dia didiagnosis menderita tumor stroma gastrointestinal (GIST), sebuah kondisi yang sangat langka dan hanya terjadi pada sekitar 10 dari satu juta orang.

"Urgensi operasi tidak bisa ditunda, jadi saya mengadakan acara dan pertunjukan penggemar di bulan Januari dan Februari sebelum menjalani operasi," kata Woohyun dalam wawancara tersebut, dilansir Koreaboo, Selasa (28/11/2023).

Baca Juga

Dia mengungkapkan bahwa proses pemulihan setelah operasi sangat melelahkan, tapi dia menerima banyak dukungan dari orang tua, penggemar, dan staf medis. Dia mencatat bahwa saat setelah operasi, dia harus menahan diri untuk tidak minum air selama hampir tiga minggu dan mendapat bekas luka sepanjang 20 sentimeter di perutnya.

Meskipun demikian, dukungan yang dia terima, baik dari keluarga, para lansia di rumah sakit, maupun perawat, telah memberinya semangat untuk terus maju, merilis musik baru, dan mengejar hasratnya sebagai seorang penyanyi. Namun, perjalanan pemulihan Woohyun tidak mudah, dengan risiko kehilangan kemampuan vokalnya.

 

Dokter memberitahunya bahwa kemungkinan untuk mendapatkan kembali kemampuan menyanyinya seperti sebelumnya sangatlah kecil, dan saat ini ia mengalami masalah pernapasan saat tampil di atas panggung.

Meskipun menghadapi tantangan yang besar, Woohyun siap melakukan comeback dengan album pertamanya setelah perjuangannya melawan kanker. Dia berharap bahwa musiknya dapat menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang yang menghadapi kesulitan dalam hidup mereka.

"Saya merasa seperti terlahir kembali setelah operasi. Pikiranku semakin dalam, dan aku telah mencapai kematangan musik. Album pertama setelah perjuangan melawan kanker merangkum sebagian besar perjalanan ini,” ujar Woohyun.

Album solonya yang baru, Whitree dijadwalkan rilis pada 28 November 2023. Meskipun mengakui perjalanan musiknya menjadi jauh lebih menantang, Woohyun ingin menunjukkan kepada penggemarnya bahwa kondisinya telah membaik, meskipun masih dalam proses pemulihan yang berat. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement