Selasa 21 Nov 2023 08:28 WIB

Lima Film Perang Menampilkan Kedua Sisi Negara yang Terlibat

Film perang pernah ada dianggap tidak sepenuhnya menggambarkan peperangan yang akurat

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Salah satu adegan The Flowers of War.
Foto:

3. Enemy at the Gates: Rusia Vs Jerman

Meskipun merupakan film perang yang dikritik oleh para ahli militer, //Enemy at the Gates// memberikan gambaran sekilas tentang pengalaman Jerman dan Rusia dalam Pertempuran Stalingrad. Film ini menggambarkan kondisi keras dan pergulatan internal tentara Rusia, menampilkan tekad tentara seperti Vasily Zaytsev. 

4. We Were Soldiers: AS Vs Vietnam

Dirilis pada 2022 dan dibintangi oleh Mel Gibson, film perang ini dipuji karena realismenya. We Were Soldiers menggambarkan Perang Vietnam dari berbagai sudut pandang. Ini memperlihatkan pengalaman tentara Amerika yang dipimpin oleh Letkol Hal Moore dan rekan-rekan mereka di pihak Vietnam Utara, dipimpin oleh Letkol Nguyen Huu An. Melalui adegan pertarungan yang intens dan narasi pribadi, film ini menggambarkan tantangan dan pengorbanan di kedua sisi konflik. 

photo
Adegan film We Were Soldiers. - (Imdb)

5. Bridge of Spies: AS Vs Uni Soviet (Rusia)

 

Film yang dibintangi Aland Alda hingga Tom Hanks, Bridge of Spies mengungkap perspektif Amerika dan Rusia mengenai perang dingin. Film ini menceritakan James Donovan, seorang pengacara Amerika, saat ia menavigasi ketegangan negosiasi antara AS dan Uni Soviet selama pertukaran mata-mata yang ditangkap. Melalui dialog, sinematografi, dan pengembangan karakter, Bridge of Spies menghadirkan perbedaan ideologi dan motivasi yang mendorong masing-masing pihak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement