Senin 20 Nov 2023 14:31 WIB

'Tombol Rahasia' Kursi Pesawat Dekat Lorong yang Jarang Penumpang Tahu, Apa Fungsinya?

Apa fungsi 'tombol rahasia' yang berada di kursi pesawat dekat lorong ini?

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Kursi pesawat (ilustrasi). Tak banyak penumpang pesawat yang tahu bahwa ada tombol tersembunyi di kursi pesawat dekat lorong untuk menaik dan menurunkan sandaran tangan.
Foto: www.freepik.com
Kursi pesawat (ilustrasi). Tak banyak penumpang pesawat yang tahu bahwa ada tombol tersembunyi di kursi pesawat dekat lorong untuk menaik dan menurunkan sandaran tangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada aturan tak tertulis tentang penggunaan sandaran tangan yang berada di kursi tengah pesawat. Tak banyak yang tahu bawha sebenarnya penumpang yang duduk di tengah berhak atas kedua sandaran tangan tersebut.

Penumpang yang duduk di sebelah lorong, berhak atas sandaran paling pinggir di lorong. Meskipun ada penumpang yang merasa tak nyaman terhadap sandaran tangan di sebelah lorong karena membuat "terkekang" dan sulit untuk dinaikkan atau diturunkan. 

Baca Juga

Namun tenang saja. Seorang pramugari memberikan solusi untuk kesulitan tersebut. Dilansir laman Best Life beberapa waktu lalu, dalam video TikTok 29 Oktober, Charlie Silver, pramugari TUI Airways di Inggris Raya (UK), memperlihatkan “tombol tersembunyi” di bawah sandaran tangan tempat duduk dekat lorong.

“Apakah Anda duduk di kursi dekat lorong sambil bertanya-tanya mengapa sandaran tangan Anda tidak terangkat?,” tanya Silver dalam video tersebut, menunjukkan sedikit trik untuk para penumpang pesawat.

 

“Tekan tombol kecil yang tersembunyi ini, dan voila! Sandaran tanganmu akan bergerak bebas ke atas dan ke bawah,” katanya.

Tombol yang dimaksud terletak di bawah sandaran tangan, mengarah ke belakang yang terhubung ke jok. Wisatawan berterima kasih kepada Silver karena telah membuka tombol tersebut. 

Yang lain mengatakan, “Saya harap saya mengetahuinya tiga bulan yang lalu ketika saya melakukan enam penerbangan ketika saya pergi ke Afrika Selatan".

Mereka yang memanfaatkan trik sandaran tangan juga mengatakan bahwa ini membuat pengalaman mereka lebih menyenangkan. “Terima kasih, aku menggunakan ini di penebangan sembilan jam ke Italia beberapa bulan lalu. Jauh lebih nyaman,” tulis salah satu komentar.

Tetapi, beberapa komentator kritis berpendapat bahwa ini belum tentu sebuah trik karena ini adalah desain sandaran tangan. Yang lain menyebut ini mungkin bukan fitur di semua pesawat, menyebut maskapai berbiaya rendah seperti Ryanair dan easyJet. Namun, Silver menanggapinya dan mengatakan tombol tersebut tersedia di beberapa pesawat Boeing yang berbeda khususnya nomor model 737, 787, dan 767; dan pesawat Airbus khusus nomor model 321, 330, dan 350.

United Airlines menjelaskan mengapa tombol-tombol disembunyikan. Situs web United Airlines sebenarnya menjelaskan cara menggunakan tombol untuk sandaran tangan di lorong yang dapat dipindah-pindahkan, serta kursi mana yang memilikinya di pesawat mereka.

“Mekanisme pelepasan sandaran tangan berbeda-beda tergantung jenis kursi yang digunakan di pesawat,” demikian bunyi situs web tersebut.

“Semua mekanisme pelepasan disembunyikan secara tersembunyi sebagai tindakan pencegahan keselamatan untuk mencegah pelepasan yang tidak diinginkan saat lepas landas dan mendarat. Mekanisme tersebut dapat ditemukan di bawah penutup sandaran tangan atau di bagian dalam sandaran tangan". Berbicara tentang masalah keselamatan, di bagian komentar video TikTok-nya, Silver mencatat bahwa sandaran tangan di lorong memang harus diturunkan saat pesawat sedang lepas landas dan mendarat. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement