Senin 10 Jun 2024 05:53 WIB

Dianggap Jorok dan ‘Berbahaya’, Anda Disarankan tak Pesan 3 Minuman Ini di Pesawat

Penumpang pesawat disarankan tak memesan minuman-minuman populer ini di pesawat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Minum di pesawat (ilustrasi). Setidaknya ada 3 minuman yang disarankan tak Anda pesan saat perjalanan dipesawat.
Foto: Pexels
Minum di pesawat (ilustrasi). Setidaknya ada 3 minuman yang disarankan tak Anda pesan saat perjalanan dipesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Memesan menu favorit dan menikmatinya selama di pesawat menjadi salah satu pengalaman terbaik bagi banyak orang. Namun ternyata, ada beberapa minuman populer yang tidak disarankan untuk dipesan karena alasan kesehatan.

Pertama adalah air putih. Traveler Expert bernama Caroline Bologna menyarankan tidak meminum air putih yang disajikan kru pesawat karena bisa jadi berasal dari water tank (tangki air) yang tidak pernah dibersihkan.

Baca Juga

“Anda tidak boleh minum air putih, kecuali jika air itu berasal dari botol kemasan. Karena bisa jadi air itu berasal dari tangki yang tidak pernah dibersihkan,” kata Bologna seperti dilansir Huffington Post, Ahad (9/6/2024).

Meskipun air di pesawat diwajibkan oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) untuk dapat diminum, Peraturan Air Minum Pesawat yang disahkan pada 2011 memerintahkan agar water tank pesawat dibersihkan dan didesinfeksi hanya empat kali dalam setahun, dan dalam beberapa kasus bahkan sekali setahun. Sebuah studi dari Hunter College tahun 2019 menemukan bahwa banyak maskapai penerbangan yang mungkin telah menyajikan air minum yang tidak sehat kepada penumpang. Studi tersebut juga menemukan bahwa EPA jarang memberi sanksi perdata kepada maskapai penerbangan yang melanggar aturan air minum.

Namun Bologna mencatat bahwa jika awak pesawat menyajikan air minum dari botol, penumpang bisa meminumnya tanpa khawatir akan masalah kesehatan. “Duduk selama berjam-jam di pesawat sangat membuat tubuh dehidrasi. Jadi ketika Anda duduk di kabin dan pramugari menawari air minum botol atau kaleng, Anda tak perlu khawatir untuk meminumnya,” kata dia.

Selain air putih, penumpang pesawat juga mungkin perlu hati-hati dengan minuman favorit lainnya seperti kopi dan teh saat terbang. “Semua orang yang pernah bekerja di pesawat yang saya kenal mengatakan jangan minum kopi atau teh karena dibuat dengan air dari tangki,” kata Bologna.

Sebuah video yang menggemakan sentimen tersebut menjadi viral di TikTok tahun lalu. Dalam video tersebut, seorang awak kabin bernama Kevin menyebut kopi yang dibuat selama penerbangan sangat menjijikkan dan merekomendasikan penumpang untuk tidak memesannya.

Direktur Eksekutif Center for Food as Medicine dan peneliti studi Hunter College, Charles Platkin, sepakat dengan hal itu. Dia mengaku tidak akan pernah mau minum kopi selama terbang karena adanya kemungkinan kontaminasi bakteri di dalam air pesawat.

“Saya bahkan tidak akan menyentuh air toilet untuk mencuci tangan. Saya lebih memilih untuk menggunakan hand sanitizer,” kata Platkin.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement