Rabu 15 Nov 2023 00:14 WIB

Sering Dikira Ambeien, Keluhan Ini Rupanya Gejala Cacar Monyet

Gejala cacar monyet tidak hanya terlihat di kulit.

Pasien cacar monyet dirawat di rumah sakit Arzobispo Loayza di Lima, Peru, Selasa (16 Agustus 2022). Penderita cacar monyet juga dapat mengalami nyeri rektum. Gejala ini kerap dikira wasir.
Foto:

Ruam ini kemudian diikuti lenting dan bintil dengan nanah di atasnya kemudian muncul keropeng. Pada saat peralihan dari ruam ke lesi bernanah, pasien umumnya mengalami gejala subjektif berupa nyeri atau gatal, kemudian saat ada keropeng umumnya rasa gatal yang terasa.

Selain pada anus dan perianus, kelainan juga bisa muncul pada area oral dan perioral. Lalu, lesi juga bisa muncul di area genital.

Ssenada dengan Hanny, dalam webinar yang sama, dokter spesialis penyakit dalam dari RSCM dr Robert Sinto, Sp.PD, K-PTI juga mengatakan cacar monyet bisa ditemukan pada organ tubuh , lain seperti saluran napas dan sistem saraf pusat.

"Jadi ini penyakit infeksi yang sifatnya sistemik, yang bukan hanya terlokalisir di kulit saja. Makanya pendekatannya harus multidisiplin, melibatkan berbagai keilmuan," kata dia.

Robert merujuk data menyatakan pada kasus terkonfirmasi, virus penyebab Mpox atau Monkeypox juga bisa ditemukan pada paru.  Penyakit ini dikatakan dapat bersifat sistemik, terutama pada mereka yang mengalami imunodefisiensi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement