Sabtu 11 Nov 2023 03:35 WIB

Berbahaya, Ciuman Cupang Bisa Picu Strok

Meskipun jarang terjadi, strok akibat ciuman cupang dapat membahayakan nyawa.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Kulit leher (ilustrasi). Dalam kasus yang jarang terjadi, ciuman cupang di leher ternyata bisa membahayakan.
Foto:

Dokter dengan cepat meyakinkan pasien bahwa ciuman cupang sangat jarang menyebabkan strok. WebMD mencatat bahwa dibutuhkan keadaan yang sangat tidak biasa untuk hal ini terjadi.

"Secara teori, memberi banyak tekanan pada arteri karotid dapat menyebabkan gumpalan terbentuk atau melepaskan gumpalan yang sudah ada," tulis WebMD.

Namun, laman itu mencatat kemungkinan bahwa pasien di Selandia Baru dan Denmark mungkin memiliki masalah arteri sebelumnya. Karena itu, mereka berisiko lebih besar terkena strok. Strok adalah kondisi medis serius dan mengancam jiwa, yang terjadi ketika suplai darah ke bagian otak terputus.

photo
Deteksi gejala stroke dengan metode FAST - (Republika)

Semakin cepat seseorang menerima perawatan untuk strok, semakin sedikit kerusakan yang mungkin terjadi. Jika Anda curiga bahwa Anda atau orang lain mengalami strok, segera ke rumah sakit atau klinik terdekat.

Anda bisa mengingat gejala utama strok dengan kata FAST:

1. Face (Wajah): wajah mungkin jatuh di satu sisi, orang tersebut mungkin tidak dapat tersenyum, atau mulut atau matanya mungkin terlihat tidak simetris.

2. Arm (Lengan): orang dengan dugaan strok mungkin tidak dapat mengangkat kedua lengan dan menahannya, karena kelemahan atau mati rasa di satu lengan.

3. Speech (Bicara): ucapan mereka mungkin tidak jelas atau kacau, atau orang tersebut mungkin tidak dapat berbicara sama sekali meskipun tampak terjaga, mereka mungkin juga kesulitan memahami apa yang Anda katakan.

4 Time (Waktu): setiap detik sangat berharga, segera hubungi layanan medis jika melihat/mengalami salah satu dari tanda atau gejala ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement