Jumat 03 Nov 2023 11:25 WIB

Film Terbaru Shah Rukh Khan Soroti Kisah Imigrasi Ilegal Berbalut Komedi

Film terbaru Shah Rukh Khan berjudul Dunki dijadwalkan tayang Desember 2023.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor Bollywood Shah Rukh Khan dalam salah satu adegan di film Dunki.
Foto: Dok. Yash Raj Films
Aktor Bollywood Shah Rukh Khan dalam salah satu adegan di film Dunki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Superstar Bollywood Shah Rukh Khan menunjukkan patriotisme lewat tayangan teaser pertama dari film teranyarnya, Dunki. Tayangan itu diberi label "Drop 1" dan dirilis ke publik pada Kamis (2/11/2023), yang juga merupakan hari ulang tahun Khan yang ke-58.

Dikutip dari laman Collider, Jumat (3/11/2023), teaser tersebut memberi kilas petualangan keliling dunia tokoh Hardy (Shah Rukh Khan) dan timnya. Adegan pembuka teaser itu terjadi di negara bagian Punjab, India utara, yang terkenal dengan eksodus massal pemuda yang terjadi setiap tahun dengan cara legal maupun ilegal.

Baca Juga

Terlihat pemandangan gurun yang luas, di mana Hardy memimpin beberapa migran ke tempat yang aman. Sebuah lagu terdengar, yang maknanya tentang kerinduan. Seorang pria yang membawa senapan melacak setiap gerakan mereka, lalu melepaskan tembakan.

Pembukaan yang terkesan kurang menyenangkan itu dilanjut dengan berbagai adegan dan percakapan yang lebih bermuatan komedi. Kemudian, ada adegan tari-tarian serta perkenalan para tokoh. Di akhir tayangan, tertulis bahwa teaser akan berlanjut ke "Drop 2".

 

Dunki mengeksplorasi tema imigrasi ilegal dan keinginan warga India untuk mendapat kehidupan yang lebih baik di luar negeri. Teaser memang tidak memberikan terlalu banyak detail tentang alur cerita film, tetapi kemungkinan besar narasinya akan berkisar pada bagaimana membawa orang-orang India itu kembali ke tanah airnya.

Khan juga pernah mendalami gagasan patriotisme di film Swades tahun 2004, dan sepertinya topik sama akan dia hadirkan di Dunki. Dalam cuplikan 'Drop 1', diperkenalkan Taapsee Pannu sebagai Manu, Vicky Kaushal sebagai Sukhi, Boman Irani sebagai Gulati, Vikram Kochhar sebagai Buggu, serta Anil Grover sebagai Balli.

Dunki merupakan film ketiga dan terakhir yang dirilis Khan pada 2023. Disutradarai oleh sineas Rajkumar Hirani, film ini memilih judul Dunki yang berasal dari kata donkey atau keledai, dengan pengucapan dengan aksen Punjabi. Istilah itu merujuk padal teknik imigrasi ilegal "Donkey Flight", di mana seseorang mengatur agar para migran bisa masuk secara ilegal ke negara-negara asing.

Sutradara Rajkumar Hirani terkenal karena sejumlah film inspiratif seperti Munna Bhai MBBS, 3 Idiots, PK, dan Sanju. Dunki menandai pertama kalinya Hirani menggarap film bersama Khan, sehingga para penggemar Bollywood cukup menanti-nantikan hasil kolaborasi mereka di film ini.

Dunki dijadwalkan tayang akhir Desember 2023. Pada tahun ini, dua film Khan yang dirilis terlebih dahulu pun sukses besar, yakni Pathaan dengan pendapatan 130 juta dolar AS (Rp 2,05 triliun) di box office global, serta Jawan dengan pendapatan 140 juta dolar AS (Rp 2,2 triliun).

Kedua film tersebut masuk dalam daftar film Bollywood dengan pendapatan kotor tertinggi yang pernah ada. Pathaan yang rilis awal Januari 2023 pun menjadi momen kembalinya Khan setelah cuti panjang dari produksi film selama hampir lima tahun.

Setelah ini, Khan akan muncul sebagai tokoh Pathaan dalam penampilan spesial di film Tiger 3 yang akan dirilis pekan depan. Dia juga dikatakan bakal hadir sebagai cameo dalam serial debut putranya, Aryan Khan, sebagai sutradara, yang sementara diberi judul "Stardom". 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement